Kamis, 18 Oktober 2018

Prof Dr Djwantoro Hardjito Rektor Baru UK Petra

Jum'at, 15 Desember 2017 18:45:39 WIB
Reporter : Teddy Ardianto Hendrawan
Prof Dr Djwantoro Hardjito Rektor Baru UK Petra
Prof Dr Ir Djwantoro Hardjito, M.Eng. sebagai rektor baru Universitas Kristen Petra

Surabaya (beritajatim.com) - Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) Petra secara resmi akan melantik Prof Dr Ir Djwantoro Hardjito, M.Eng. sebagai rektor baru Universitas Kristen Petra (UK Petra), Surabaya, periode 2017-2021 menggantikan Prof Ir Rolly Intan, M.A.Sc., Dr.Eng. yang telah menyelesaikan dua periode masa kepemimpinan sebagai rektor. 

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Pengangkatan No 127/Kept/YPTK/XII/2017 tanggal 6 Desember 2017. Acara pelantikan dilakukan hari ini pukul 09.00 WIB di Auditorium Gedung P1-P2, jalan Siwalankerto 142-144 Surabaya.  

Prof Dr Ir Djwantoro Hardjito, M.Eng. meyakini bahwa menjadi Rektor UK Petra adalah sebuah amanat dari Tuhan serta kepercayaan yang diberikan oleh YPTK Petra dan seluruh Civitas Akademika UK Petra. Karenanya, kehormatan dan kepercayaan ini akan dijalankan dengan penuh tanggung jawab. 

“Menjadi rektor merupakan sebuah tugas dan kepercayaan dari Tuhan, karenanya saya akan berusaha sungguh-sungguh untuk melaksanakannya, terus bersandar kepada Tuhan dan bekerjasama dengan seluruh Sivitas Akademika UK Petra” kata Pria kelahiran 57 tahun silam di kota Blora ini merupakan pemegang gelar doktor Teknik Sipil dari Curtin University, Australia, dan pernah menjadi dosen di Curtin University Malaysia selama 5 tahun.

Selama tiga tahun terakhir secara berturut-turut, sejak tahun 2015 hingga tahun ini, UK Petra berhasil memantapkan posisinya sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia.

Selain menyandang status Akreditasi Perguruan Tinggi A. Djwantoro, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Rektor bidang Akademik UK Petra periode 2013-2017, bertekad membawa UK Petra ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu ke kancah internasional di antaranya mengupayakan peraihan status akreditasi internasional untuk program studi-program studi di UK Petra.

Tak hanya itu, untuk mengantisipasi perubahan-perubahan amat besar yang berlangsung amat cepat akhir-akhir ini dan di masa mendatang, yang sering disebut sebagai Era Revolusi Industri ke IV atau era Disruption, Djwantoro berketetapan hati untuk mengajak seluruh Sivitas Akademika UK Petra siap menghadapinya. 

Misalnya adalah dengan menyiapkan kemungkinan membuka program studi-program studi kekinian, sesuai dengan kebutuhan generasi milenial di masa-masa mendatang. 

Dosen-dosen dan tenaga kependidikan perlu terus didukung dan ditingkatkan kapasitasnya agar bisa memanfaatkan teknologi pembelajaran terkini, menerapkan pendekatan-pendekatan pembelajaran yang tepat, untuk menyiapkan generasi muda yang siap bersaing di kancah global dalam era penuh perubahan dan kejutan ini.

Prof Djwantoro Hardjito yang selama ini sudah berhasil memublikasikan lebih dari 30 karya ilmiah internasional terindex Scopus dengan h-index 7, berkali-kali memperoleh penghargaan internasional dan undangan menjadi keynote speaker di beberapa international conference, berharap terus memperluas dan menguatkan jalinan kerjasama dengan institusi-institusi, baik di dalam maupun di luar negeri, untuk meningkatkan proses pembelajaran di UK Petra maupun untuk penelitian dan publikasi. 

Dalam menjalankan tugasnya, Djwantoro berpegang pada inspirasi bahwa ‘hidup itu untuk bekerja memberi buah’.[ted/ted]

Tag : uk petra

Komentar

?>