Selasa, 16 Oktober 2018

12 KSR PMI Pamekasan Ikuti Diklatsar 'Usar'

Jum'at, 15 Desember 2017 02:56:06 WIB
Reporter : Samsul Arifin
12 KSR PMI Pamekasan Ikuti Diklatsar 'Usar'

Pamekasan (beritajatim.com) - Sebanyak 12 anggota Korp Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan mengikuti Program Diklatsar 'Usar' yang digelar PMI Kota Malang di Pusdiklat SAR Sampoerna Pandaan.

Kegiatan Urban Search and Rescue angkatan ke-4 tersebut, digelar selama tiga hari berturut-turut. Terhitung sejak Selasa hingga Jumat (12-15/12/2017) besok. Para peserta akan digembleng dengan berbagai materi tentang kepalangmerahan.

"Dari PMI Pamekasan kami mendelegasikan sebanyak 12 personil KSR, masing-masing sebanyak enam personil putra dan enam putri," kata Ketua PMI Pamekasan Bambang Edi Suprapto, melalui Wakil Ketua IV Bidang Penanggulangan Bencana Suharyono, Kamis (14/12/2017).

Pihaknya sengaja mendelegasikan personil KSR sebagai upaya memberikan pengalaman berbeda dari materi-materi sebelumnya. "Dalam diklat ini setidaknya ada materi yang disampaikan instruktur trainer alumni TOT USAR Taiwan, Trainer CSSR Badan SAR Nasional Kelas 2 A Surabaya dan Dokter SAR Sampoerna," ungkapnya.

Dari itu pihaknya berharap nantinya hasil diklatsar bisa direalisasikan di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. "Dengan ini tentu kita berharap (hasil pelatihan) bisa diterapkan di Pamekasan," harapnya.

"Sehingga nanti bila ada bencana, Tim USAR atau relawanPamekasan menjadi lebih siap, sigap dan tanggap. Apalagi menyambut disahkannya Undang-Undang Kepalangmerahan," pungkasnya. [pin/suf]

Komentar

?>