Kamis, 26 April 2018

Belasan Siswa SD di Kabupaten Malang Suspek Difteri

Senin, 11 Desember 2017 17:00:50 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Belasan Siswa SD di Kabupaten Malang Suspek Difteri

Malang (beritajatim.com) - Belasan siswa SD di Kabupaten Malang ditenggarai Suspek Difteri.

Dinas Kesehatan setempat mencatat, belasan anak seusia SD yang Suspek Difteri itu, tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Malang, mulai kecamatan Kepanjen, Wagir, Lawang dan sejumlah kecamatan lain.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Lulus Condro mengatakan, sejak bulan Januari hingga Desember ini terpantau ada 12 anak yang suspek penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri corynebacterium diphteria tersebut.

"Selama hampir setahun ini jumlah anak yang suspek difteri ada 12 penderita," ungkap Lulus Condro,  Senin (11/12/2017) siang.

Kata Lulus Condro, kabupaten Malang tidak masuk dalam 95 Kabupaten/Kota di 20 Provinsi di Indonesia yang ditetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Kementerian Kesehatan RI.

Menurut Lulus, masyarakat dihimbau untuk melakukan upaya preventif agar terhindar dari serangan difteri dengan cara melakukan imunisasi lengkap, sehingga kekebalan tubuh anak menjadi kuat.

Untuk 12 penderita suspek difteri tersebut, dilakukan penanganan sesuai prosedur tetap penanganan penyakit menular, yakni setelah ada laporan, dilakukan penyelidikan epidemologi dan pelacakan rumah penderita untuk diberikan obat pencegahan difteri guna mencegah mengatasi munculnya penyakit tersebut.

"Kami juga ambil swep serta dilakukan perawatan dan di lingkungan sekitarnya diberi obat untuk pencegahannya," urainya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Abdul Rahman menambahkan, 12 anak suspek difteri itu, hasil pemeriksaan laboratorium dinyatakan negatif.

"12 anak itu hanya suspek atau diperkirakan, ternyata hasil pemeriksaan laboratoriumnya negatif. Sejauh ini kita berorientasi pada pencegahan penyakit," pungkasnya. (yog/ted)

Tag : difteri

Komentar

?>