Jum'at, 15 Desember 2017

Tak Ada Pasien Difteri di Sidoarjo

Kamis, 07 Desember 2017 20:05:16 WIB
Reporter : M. Ismail
Tak Ada Pasien Difteri di Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) - Kepala Dinas Kesehatan Kab Sidoarjo, dr Ika Harnasti mengklaim kejadian luar biasa penderita Difteri di Sidoarjo suspect (negatif).

Tahun 2017, sejak Januari hingga saat ini ada sekitar 16 kasus penderita Difteri yang tersebar di 15 kecamatan Sidoarjo. "Setelah diperiksakan ternyata hasilnya suspect atau negatif," katanya, Kamis (7/12/2017).

Ika menjabarkan, di beberapa Provinsi khususnya di Jawa Timur sudah terdeteksi penderita Difteri. Pihaknya juga  terus mengimbau pada semua puskesmas yang ada di Sidoarjo untuk memberikan imunisasi sesuai SOP yang ada.

Baik cara pengiriman, maupun pemberian imunisasi yang baik dan benar. "Kita ingin jangan sampai ada penambahan penderita Difteri. Kita sudah lakukan imunisasi," tambahnya.

Pihaknya menekankan kepada para kepala puskesmas maupun pihak swasta agar tidak main-main dengan pemberian imunisasi sesuai temperatur yang ditentukan. Karena hal itu bisa berpengaruh terhadap kondisi anak.

"Sudah saya tekankan kepada puskesmas, jangan sampai ada yang terlewatkan tidak diberi imunisasi. Itu bisa fatal," tegasnya.

Ika menceritakan pernah ada kejadian Difteri di kawasan Porong. Namun setelah dilakukan penanganan dan pendataan secara mendalam, akhirnya Difteri bisa teratasi. "Pemberian vaksin yang dilakukan sesuai temperatur dan alhamdulillah bisa diatasi," pungkasnya. [isa/but]

Tag : difteri

Komentar

?>