Jum'at, 15 Desember 2017

RSU Soetomo Siapkan Ruang Isolasi Pasien Difteri

Kamis, 07 Desember 2017 17:08:18 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
RSU Soetomo Siapkan Ruang Isolasi Pasien Difteri

Surabaya (beritajatim.com) - Rumah Sakit Umum dr Soetomo waspadai merebaknya kasus Difteri di Jawa Timur dengan meyiapkan ruang khusus dan tim dokter khusus yang biasanya menangani pasien suspek flu burung dan flu babi.

"Kita sudah siapkan ruangannya, memang RSU dr Soetomo mempunyai ruangan khusus untuk penyakit menular seperti ini sehingga pasien dapat mendapatkan penanganan yang memadai," ungkap Wadir Penunjang Layanan Medik RSU dr Soetomo, Dr dr Hendrian D Soebagio, Kamis (7/12/2017).

Ia mengatakan persiapan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi membeludaknya pasien difteri di Jawa Timur. Selain ruangan, pihaknya juga menyiapkan tim medis khusus.

"Sebelumnya ruangan ini digunakan untuk menangani pasien suspek flu burung, flu babi dan penderita penyakit menular lainnya. Dan saat ini Sedikitnya 6 kamar isolasi disiapkan dengan dilengkapi respirator dan obat-obatan," tutur Hendrian.

Selama 2017, tambahnya. RSU dr Soetomo telah menerima dan menangani 61 pasien, dan hingga saat ini masih ada 3 pasien yag dirawat dan belum diperbolehkan pulang meski kondisinya mulai membaik.

"Tadi malam baru datang pasien lagi sebelumnya 2 ketambahan satu, jadi 3 pasien. Jika kita lihat jumlahnya tempat tidur, rata-rata jumlahnya biasa ya. Kondisi pasien relatif ya, sudah membaik," urainya.

Untuk menekankan perjangkitan virus difteri pada anak-anak, ia mengimbau agar melakukan vaksinasi sejak dini.

Ditanya, perbandingan data antara dua tahun terakhir, Hendrian mengungkapkan jumlah pasien yang ditanganinya dapat dikatakan sama. "Jika 2016 mencapai 65 kasus, kini hingga Desember 2017 sebanyak 61 kasus. [ito/but]

Tag : difteri

Komentar

?>