Rabu, 23 Mei 2018

Universitas Jember Bantu Komersialisasi Hasil Riset

Jum'at, 01 Desember 2017 18:52:08 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Universitas Jember Bantu Komersialisasi Hasil Riset

Jember (beritajatim.com) - Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, membantu komersialisasi hasil penelitian sivitas akademika yang layak jual.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unej Achmad Subagio mengatakan, penelitian sivitas akademika yang dinilai layak dikomersialkan bakal menjalani masa inkubasi, training dan mentoring di Science Techno Park (STP) hingga layak ditawarkan ke kalangan industri dan dilepas ke pasar.

STP Universitas Jember bernama 'Agri Inovasi', memiliki dua fungsi. Pertama, menghilirkan hasil penelitian dosen dan mahasiswa. Kedua, mendukung keberadaan industri yang berbasis pada riset dan pengembangan, khususnya industri yang berbasis pertanian dan perkebunan.

Subagio tidak membatasi inovasi hanya pada mahasiswa, dosen, dan karyawan Unej. "Tidak menutup kemungkinan jika masyarakat memiliki ide dan produk yang layak jual, akan kami bantu juga. Kami berharap Universitas Jember makin dirasakan manfaatnya," katanya.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi menyediakan dana hingga 400 juta rupiah bagi hasil penelitian yang siap menjadi usaha awal (start up). Pemerintah pusat mendukung keberadaan STP.

Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Kemenristekdikti Retno Sumekar mengatakan, pemerintah menargetkan pembangunan 100 STP di Indonesia. Menutunya, STP adalah wadah mempertemukan antara akademisi, bisnis dan pemerintah serta komunitas.

"Memang tidak mudah untuk menghubungkan hasil penelitian perguruan tinggi dengan industri. Seringkali peneliti merasa produk inovasinya sudah baik, namun ternyata dari perhitungan bisnis tidak layak," katanya beberapa waktu lalu. Oleh sebab itu, pemerintah mengapresiasi keberadaan STP Unej. [wir/kun]

Tag : unej

Komentar

?>