Selasa, 22 Mei 2018

Petani Bisa Cek Kondisi Tanaman dengan Ponsel

Jum'at, 01 Desember 2017 18:30:45 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Petani Bisa Cek Kondisi Tanaman dengan Ponsel

Jember (beritajatim.com) - Peneliti dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember, Bayu Taruna, menciptakan aplikasi berbasis remote sensing bagi petani dengan memakai sarana telepon genggam (ponsel).

Nama teknologi itu adalah Agri Ino v1.0. Menurut Bayu, petani sering kesulitan mengetahui kondisi tanaman. "Apakah tanamannya sehat, sakit atau perlu dipupuk," katanya.

Kini, petani tinggal mengunduh aplikasi Agri Ino. Mereka tinggal memotret daun tanaman dengan kamera ponsel. "Saat itu juga data mengenai kondisi tanaman langsung diperoleh," kata Bayu, sebagaimana dilansir Bagian Humas dan Protokoler Universitas Jember.

Bayu mengatakan, aplikasi Agri Ino v1.0 ini mudah dan murah. Berbeda dengan pengecekan dengan cara menggunakan cara manual di laboratorium yang memakan waktu lama dan biaya mahal. Klorofil meter yang digunakan untuk mendeteksi kesehatan tanaman membutuhkan waktu tiga hari. "Alatnya pun mahal, tiga ribu dolar," jelasnya.

Inovasi Agri Ino tak berhenti sampai di sini. Bayu kini sedang mengembangkan pemakaian alat ini dengan bantuan drone atau pesawat tanpa awak. Rencananya, kamera dipasang pada drone yang terbang di atas lahan perkebunan. "Jadi dengan mudah kita bisa mengawasi kondisi tanaman di areal yang luas," katanya. [wir/kun]

Tag : unej

Komentar

?>