Sabtu, 24 Februari 2018

Kemensos dan Unair Jalin Kerjasama Optimalisasian Program Kesra

Selasa, 28 Nopember 2017 21:24:43 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Kemensos dan Unair Jalin Kerjasama Optimalisasian Program Kesra

Surabaya (beritajatim.com) – Kementerian Sosial (Kemsos) dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya jalin kerajasama dalam upaya meningkatkan jangkauan dan optimalisasi program kesejahteraan sosial melalui penelitian, pengabdian, dan pengembangan masyarakat.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) yang dilakukan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bersama rektor Unair Prof. Mohammad Nasih, di Surabaya.

”Unair menjadi perguruan tinggi ke-22 yang dilibatkan dalam kerjasama ini. Tujuannya, meningkatkan pemberdayaan sosial melalui sinergi serta peran perguruan tinggi,” ujar Khofifah saat membuka Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Akhir Pelaksanaan Subsidi Dan Pendampingan Beras Sejahtera (Rastra) 2013–2017 di Hotel Wyndham, Surabaya. Selasa (28/11/2017).

Ia mengatakan, sinergi antara kementerian dan institusi perguruan tinggi ini dilakukan dengan penelitian, pengabdian, serta pengembangan masyarakat.

"Kemampuan berkolaborasi itu menjadi sangat penting dalam optimalisasi program kesejahteraan di Indonesia. Karena Perguruan Tinggi merupakan gudang pencetak seseorang hebat yang memiliki semangat juang tinggi, pemikiran kritis, kreatif, serta inovatif bagi kemaslahatan umat,” kata Khofifah.

Ia mengungkapkan, kerjsama yang dijalinnya ini akan dimulai tahun depan. Salah satunya Unair akan mengonfersikan subsidi ranstra ke bansos rastra yang telah dilakukan di 98 kota di Indonesia.

"Konversi tersebut mestimelibatkan banyak pihak. Sehingga transformasi secara budaya, perilaku penerima program membutuhkan perlu adanya dukungan dari semua kalangan termasuk dari perguruan tinggi,” ungkap Khofifah.

Selain itu, tambahnya. Kerjasama ini juga muwujudkan Kemandirian masyarakat dari pinggiran dan pedesaan dalam bentuk pengembangan Desa Sejahtera Mandiri Kemsos.

"Gol seting lain yaitu terbentuknya 5 ribu Desa Sejahtera Mandiri (DSM). Melalui koordinasi antar Kemensos dengan Kemenristekdikti yang akan dijadikan sebagai pembina dan pengawal dalam pemandirian desa-desa di lingkup terdekatnya," urai khofifah.

Sementara itu, Rektor Unair Prof Mohammad Nasih menyambut antusias sinergi antar institusi ini. Pasalnya, kerjasama antara kepemerintahan dengan perguruan tinggi ini juga sebagai upaya penerapan Tridarma perguruan tinggi yang dapat menjadikan fondasi pembangunan di tengah-tengah masyarakat.

"Penelitian, pengembangan, dan pengabdian telah menjadi bagian terpenting untuk berkontribusi nyata kepada masyarakat. Saya dan warga besar Unair sangat bangga dan siap menjalankan kerjsama ini," tutur Prof Nasih.

Ia mengungkapkan, rasa bangga pada Khofifah yang merupakan salah satu alumnusnya mampu bekerja untuk nusa dan bangsa. "kerjasama ini nantinya akan diwujudkan melalui Kuliah Kerja Nyata-Belajar Bersama Masyarakat (KKN-BBM), dan dengan tujuan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur, nantinya porsi dari KKN-BBM akan ditambah,” tandas Prof Nasih. (ito/ted)

Tag : unair

Komentar

?>