Senin, 18 Desember 2017

Mahasiswa Poliwangi Berguru Skill ke Negeri Jiran

Kamis, 23 Nopember 2017 15:21:07 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Mahasiswa Poliwangi Berguru Skill ke Negeri Jiran

Banyuwangi (beritajatim.com) - Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) akan melakukan praktek kerja latihan industri ke Malaysia. Kepastian itu setelah Poliwangi menggelar penandatanganan kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Laguna Redang Island Resort dan PRO-TECH Abadi Sdn Bhd, Terengganu, Malaysia.

"Ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa dengan pengalaman magang di Luar Negeri, selain itu pula juga kerjasama ini guna untuk meningkatkan mutu pendidikan serta nilai akreditasi lembaga pada umumnya dan Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata pada khususnya," jelas Executive Director Pro-Tech Abadi, Malaysia, Mohd Zainal Abidin bin Mohd Tulus, Kamis (23/11/2017).

Program ini, kata Zainal, dalam rangka mendorong SDM Poliwangi dapat berkembang baik. Terlebih mereka dapat menunjukkan potensinya sehingga dapat bersaing di dunia luar.

"Tidak hanya skill, sikap, juga kompetensi juga diharapkan meningkat. Sehingga dapat meningkatkan nilai tawar dan mampu bersaing dengan SDM lainnya," ungkapnya.

Kerjasama ini tentunya menjadi gerakan positif bagi Poliwangi untuk menyiapkan SDM mahasiswa khususnya Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata lebih baik. Nantinya, mereka akan melakukan peningkatan skill di negeri Jiran tersebut dalam jangka waktu selama 6 bulan.

"Tentunya Mahasiswa tersebut akan diseleksi secara ketat untuk bisa mengikuti praktek kerja di Laguna Redang Island Resort sdn bhd Malaysia itu. Mereka akan dipilih sebanyak 25 Mahasiswa yang nanyi dapat rekomendasi dan lolos kriteria selanjutnya akan akan diberangkatkan pada Bulan Maret 2018," terang Koordinator Magang Poliwangi, Aditya Wiralatief Sanjaya.

Program ini menjadi kesepakatan awal kerjasama antara Poliwangi dengan pihak Malaysia, sekaligus pertama kalinya di Banyuwangi. Nnatinya, diharapkan kerjasama ini akan disusul oleh Program Studi yang lain yaitu dari Teknik Sipil, Agribisnis, dan TPHT, dan tidak ditutup kemungkinan semua prodi pun juga akan menjalin kerjasama positif ini

"Nanti kita akan mengkaji bagaimana cara kerja dan melihat studi yang tepat. Tidak menuntut kemungkinan prodi lain akan menjalin kerjasama," ungkapnya.

Kerjasama yang dilakukan oleh pihak dunia luar ini mendapat sambutan baik dari sejumlah mahasiswa Poliwangi. Menurutnya, hal ini tak hanya menjadi tambahan pengalaman tapi juga meningkatkan skill mahasiswa lebih kompeten.

"Apabila lolos seleksi saya sangat bahagia tersendiri, selain itu juga menambah pengalaman di tingkat Internasional," ungkap Juineo Kinarhoki.

MoU tersebut dihadiri oleh Direktur Poliwangi Dr. Ir. H. Titon Dutono, General Manager Laguna Redang Island Resort Sendiri Behard Malaysia, Cheng Huai Kang dan sejumlah jajaran lainnya. [rin/but]

Tag : poliwangi

Komentar

?>