Senin, 18 Desember 2017

Goes To Campus, DPP Cari Ahli Hukum Perdagangan di UB

Selasa, 21 Nopember 2017 23:08:28 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Goes To Campus, DPP Cari Ahli Hukum Perdagangan di UB

Malang (beritajatim.com) - Direktur Pengamanan Perdagangan (DPP), Pradnyawati mengungkapkan pihak Direktorat menggelar DPP Goes to Campus 2017 di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Selasa (21/11/2017). Tahun ini bertema ‘Pengamanan Akses Pasar Produk Ekspor Indonesia'.

Pradnyawati menyebut, DPP sedang mencari pakar hukum perdagangan untuk permasalahan ekspor dan impor yang dialami Indonesia. Negara sedang membutuhkan ahli hukum perdagangan, sebab mahasiswa lebih banyak fokus ke hukum pidana maupun perdata.

"Pakar hukum di Indoensia mayoritas bidang pidana dan perdata, sehingga kami memberikan pemahaman pada mahasiswa agar mereka berminat untuk mempelajari lebih dalam tentang hukum perdagangan," kata Pradnyawati.

"Kami ingin berdiskusi tentang meningkatkan kepedulian dan pengetahuan akan isu pengamanan akses pasar ekspor lndonesia sejak dini," imbuh Pradnyawati.

Problem terbesar negara saat ini adalah tantangan ekspor. Beberapa kasus menunjukan Indonesia gagal melakukan ekspor ke negara Eropa karena produk Indonesia dinilai tidak aman dan tidak sehat.

"Dikarenakan minimnya jumlah pakar hukum perdagangan, pemerintah sering menggunakan pakar hukum perdagangan asing untuk membantu mengatasi permasalahan perdagangan internasional. Khususnya untuk menjawab soal tuduhan yang dilandasi dengan penelitina ilmiah," papar Pradnyawati.

Wakil Dekan I Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang Prija Djatmika mengatakan, sosialisasi yang dilakukan DPP sangat penting bagi mahasiswa untuk menambah cakrawala pengetahuan. Bahwa hukum perdagangan bukan hanya teori, namun juga memahami aplikasi dan permasalahan di lapangan.

"Kami tidak lanjuti dengan MoU dengan Direktorat Pengamanan Perdagangan. Nota kesepahaman ini akan memperkuat kerjasama kami dengan DPP, sehingga ke depan mahasiswa juga bisa terlibat dalam simulasi perdagangan," tandasnya. [luc/suf]

Komentar

?>