Jum'at, 15 Desember 2017

Poliwangi Rebut Juara 2 Lomba Karya Inovasi Nasional

Selasa, 21 Nopember 2017 22:56:00 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Poliwangi Rebut Juara 2 Lomba Karya Inovasi Nasional

Banyuwangi (beritajatim.com) - Mahasiswa Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) mengikuti lomba karya inovasi nasional di Malang. Kali ini, mahasiswa yang tergabung dalam tim Jinggo Squad dari Teknik Sipil berhasil merebut juara kedua lomba gazebo tradisional.

Lomba ini diikuti oleh Politeknik dari seluruh Indonesia, namun hanya 5 lolos di fase final. Juara 1 ditempati oleh Poltek Ambon dan peringkat 3 diraih oleh Poltek Pontianak. Sementara, peringkat 4 ditempati oleh Poltek Negeri Sriwijaya dan tuan rumah Poltek Negeri Malang.

Reza Ferdiyanti pendamping mahasiswa mengatakan perjalanan tim ini sangat mendadak. Namun, minimnya persiapan tim Poliwangi untuk mengikuti lomba terbayar dengan meraih juara tersebut. Sebenarnya, Poliwangi telah mengirimkan 6 tim, tapi hanya 1 tim yang lolos di seleksi awal.

"Persiapannya sangat mepet, karena pemberitahuannya juga lambat. Kita hanya mendapat waktu 3 hari untuk menyusun proposal untuk lomba," jelas Reza pada beritajatim.com, Selasa (21/11/2017).

Jenis lombanya, kata Reza, tim diminta untuk membuat sebuah gazebo tradisional. Mereka diberikan kesempatan untuk menyusun dan mendesain gazebo sebaik mungkin.

"Kita hanya membawa alat, dan bahannya semua dari panitia. Gazebonya itu kecil hanya seukuran 1,5 meter," ungkapnya.

Aspek penilaian lomba ini meliputi, kecepatan perakitan, kerapian, metode pelaksanaan, kesesuaian sambungan, kesesuaian desain. Termasuk juga penilaian tentang bahan sisa yang digunakan.

"Kecepatan juga dinilai, tapi keunggulan di gazebo kita itu pada metode pelaksanaan khususnya untuk kesesuaian sambungan," imbuhnya.

Sementara itu, Anggi Widyanata salah satu anggota tim Jinggo Squad Poliwangi mengaku bangga dapat meraih juara kedua ini. Menurutnya, usaha yang dicapainya bersama tim serasa tak sia-sia.

"Mulai dari persiapan itu mendadak, terus langsung menuju ke Malang untuk mengikuti lomba. Tapi beruntung masih bisa mendapat juara kedua di lomba itu," katanya.

Tim Jinggo Squad ini terdiri dari empat orang, di antaranya, Andi Wahyu Sanjaya, Anggi Widyanata, Farisman Fadli dan Khoirun Nisa. Sementara, pendamping mahasiswa oleh Reza Ferdiyanti dan Dosen Pembimbing, Dadang. [rin/suf]

Tag : politeknik

Komentar

?>