Jum'at, 15 Desember 2017

Lapangan Minyak Wonocolo Simpan Jejak Struktur Geologi Masa Lalu

Selasa, 21 Nopember 2017 00:09:27 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Lapangan Minyak Wonocolo Simpan Jejak Struktur Geologi Masa Lalu

Bojonegoro (beritajatim.com) - Lapangan minyak tradisional di Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro menjadi salah satu kawasan wisata geoheritage. Di lokasi tersebut terdapat jejak struktur geologi masa lalu yang menunjukkan lingkungan pengendapan langka.

Kepala Sub Bidang Pengembangan Geologi Lingkungan, Badan Geologi, Tatang Hidayat mengatakan, sesuai kajian petrolium geoheritage, Wonocolo memiliki keanekaragaman batuan dan dapat berfungsi sebagai laboratorium alam.

"Karena batuan yang tersingkap merupakan batuan reservoir minyak bumi yang memberikan kontribusi minyak bumi di Wonocolo," ujarnya, Senin (20/11/2017).

Saat ini, Wonocolo telah dikembangkan sebagai kawasan petrolium geoheritage. Selain bisa menikmati keindahan dan eksotisme tambang minyak tradisional, pengunjung juga bisa belajar langsung mulai terbentuknya kawasan tersebut di museum mini yang ada di rumah singgah setempat.

Menurut Tatang, usulan kawasan cagar alam geopark Bojonegoro yakni petrolium Geoheritage Wonocolo, Struktur Antiklin Kawengan, Kayangan Api, Dung Lantung, lokasi penemuan fosil, Sendang Gong/Goa Jepang, Gunung Pegat, Makam Orang Kalang, Goa Soko dan Sumber Mata Air, Tambang Bentonite, Selo Gajah dan Sumber Air Panas, serta Tambang/Goa Fosfat.

Selain itu juga negeri atas angin, undak bengawan solo purba, watu wandul, gunung watu, banyukuning, formasi Kalibeng dan Kedungmaor.

Hasil kajian tim geopark Bojonegoro, salah satu yang menjadi kawasan cagar alam geologi, adalah kayangan api. Kriteria berdasarkan Permen ESDM nomer 32 tahun 2016 kawasan Kayangan Api masuk dalam Pasal 3 ayat 3 tentang keunikan proses geologi dengan kriteria kemunculan sumber api alami.

Sedangkan situs lain, Dung Lantung memiliki keanekaragaman batuan dan dapat berfungsi sebagai laboratorium alam, karena batuan yang tersingkap merupakan batuan reservoir minyak bumi yang terbukti dengan adanya rembesan minyak bumi di beberapa titik. [lus/suf]

Tag : sejarah

Komentar

?>