Rabu, 22 Nopember 2017

UKM Pers Hijrah Digembleng Materi Dasar Jurnalistik

Selasa, 14 Nopember 2017 10:28:20 WIB
Reporter : Samsul Arifin
UKM Pers Hijrah Digembleng Materi Dasar Jurnalistik

Pamekasan (beritajatim.com) - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam UKM Pers Hijrah STAI Al-Khairat Pamekasan mengikuti Diklat Dasar Jurnalistik di auditorium kampus di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2, Senin (13/11/2017).

Dalam kegiatan yang digelar selama dua hari berturut-turut, yakni sejak Minggu (12/11/2017) kemarin. Peserta juga digembleng dengan materi sejarah pers mahasiswa, pengantar jurnalistik dan media cetak serta pengenalan media online.

Selain itu, peserta juga 'dicekoki' materi teknik penulisan artikel berupa opini dan esai, serta penulisan sastra meliputi puisi dan cerpen. "Kegiatan ini sengaja kami lakukan sebagai upaya untuk merangsang sekaligus menguatkan mahasiswa dalam bidang menulis," kata Ketua UKM Pers Hijrah Makinun Amin.

Bahkan pihaknya juga berharap para peserta tidak hanya menjadi 'penikmat' semata, tetapi justru harus mampu menghasilkan karya atau produk. "Tentu kami berharap nantinya mereka bisa menulis sesuai dengan aturan yang berlaku, baik berita, artikel, opini, puisi, cerpen dan lainnya," harapnya.

"Mahasiswa yang tergabung dalam UKM Pers Hijrah, kedepan kita harapkan mereka bisa mengerti dan memahami ilmu jurnalistik. Sehingga kedepan kami bisa membedakan mana jenis produk yang baik dan mana yang kurang baik," pungkasnya.

Dalam kegiatan Diklat Dasar Jurnalistik tersebut, pengantar jurnalistik dan media cetak disampaikan langsung oleh Reporter RMJP Moh Ali Muhsin, sedangkan pengenalan berita online disampaikan oleh Reporter beritajatim.com Samsul Arifin.

Sementara salah satu alumnus STAI Al-Khairat Pamekasan Achmad Khusairi diplot untuk penulisan opini dan essay, penulisan sastra berupa puisi dan sastra disampaikan oleh sastrawan muda Madura Suhairi Rahmat. [pin/kun]

Komentar

?>