Rabu, 22 Nopember 2017

Sekdaprov: Pola Hidup Sehat Masyarakat Mulailah dari Keluarga

Senin, 13 Nopember 2017 18:10:03 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Sekdaprov: Pola Hidup Sehat Masyarakat Mulailah dari Keluarga

Surabaya (beritajatim.com) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur Akhmad Sukardi menyatakan perilaku hidup sehat dapat dimulai dari keluarga.

Hal tersebut di tegaskan orang nomer tiga pemprov itu usai memimpin upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) di halaman kantor Dinkes Jatim, Senin, (13/11/2017).

“Sesuai tagline HKN ke 53 yang disampaikan bu Menkes, Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku. Mulai hari ini sudah harus membiasakan perilaku hidup sehat, mulai dari individu-individu di dalam keluarga,” katanya didampingi Kepala Dinkes Jatim Kohar Hari Santoso.

Menurutnya, keluarga adalah sebagai unit terkecil dari masyarakat, dan dinilai memiliki peran penting menanamkan kebiasaan hidup sehat.

"Perilaku hidup sehat tercermin ketikan mengonsumsi makanan. Beberapa yang disarankan yaitu mengonsumsi sayur, buah dan ikan. Selain itu, kebiasaan berolahraga juga sangat menentukan kesehatan dan kebugaran," terangnya.

Ia menambahkan, dalam menjaga kebersihan lingkungan orang perlu menjadi kesadaran bersama kolektif. “Kadang-kadang masyarakat kurang peduli, nah ini sebetulnya penyebab penyakit seperti demam berdarah. Makanya kita terus mendorong dan membina masyarakat di kabupaten/kota agar semakin sadar,” terangnya.

Selain itu, Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga, menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. "Keluarga, merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti Pembangunan Kesehatan sesuai UU Nomor 36 tahun 2009. Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat," tegasnya.

Seperti diketahui, sejarah HKN bermula ketika Presiden Soekarno pada 1959 melakukan penyemprotan nyamuk malaria secara simbolis. Selain itu, diadakan juga penyuluhan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan bahanya penyakit malaria dan mengingatkan untuk lebih waspada.

Kemudian HKN terus diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan pemahanan dan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga kesehatan. (ito/ted)

Tag : kesehatan

Komentar

?>