Rabu, 22 Nopember 2017

6 Rusa Bawean Dilepas ke Habitatnya

Senin, 13 Nopember 2017 14:14:05 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
6 Rusa Bawean Dilepas ke Habitatnya

Gresik (beritajatim.com) - Sebanyak 6 rusa asal Pulau Bawean dilepraas ke habitatnya. Keenam rusa itu, merupakan pengembangbiakan dari Maharani Zoo dan Goa Lamongan. Setelah besar dikembalikan lagi ke tempat asalnya. Tepatnya, di Desa Pudakit Timur, Kecamatan Sangkapura, Bawean.

Enam ekor rusa itu, berjenis empat diantaranya berjenis betina, dan dua ekor berjenis jantan. Rusa tersebut dikembalikan ke asalnya untuk meminimalisir punahnya Rusa Bawean.

Heri Subagiadi selaku Sekretariat Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Energi (KSDAE) Kementrian Lingkungan Hidup menyatakan setelah dilepaskan ke habitatnya. Masing-masing rusa itu dilengkapi radio transmitter selama sebulan sebagai langkah pengawasan.

"Semua rusa itu nantinya kami awasi selama sebulan untuk perkembangannya usai menjalani karantina," ujarnya, Senin (13/11/2017).

Ia menambahkan, Rusa Bawean atau nama latinnya axis kuhli mendapat perhatian dari Kementrian Lingkungan Hidup karena setiap tahunnya habitatnya terus mengalami penurunan. Pasalnya, hewan tersebut satu-satunya spesies rusa yang berbeda.

"Berdasarkan data BBKSDA Jatim tahun 2016 disebutkan populasi Rusa Bawean diperkirakan tinggal 303 ekor dan angkanya terus menurun," tambahnya.

Sementara, Pengelolah Maharani Zoo dan Goa Lamongan, Bambang Suworo mengatakan, menurunnya populasi rusa membuat lembaga konservasinya ikut andil dalam pengembangbiakan.

"Saat ini Rusa Bawean termasuk satu dari empat spesies yang populasinya akan ditingkatkan 10 persen hingga 2019," tandasnya. [dny/but]

Tag : lingkungan

Komentar

?>