Rabu, 22 Nopember 2017

Mahasiswa Uniska Kediri Unjuk Rasa Tuntut Transparansi Anggaran

Senin, 13 Nopember 2017 12:13:38 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Mahasiswa Uniska Kediri Unjuk Rasa Tuntut Transparansi Anggaran

Kediri (beritajatim.com) - Puluhan mahasiswa Universitas Islam Kadiri (Uniska) Kediri dari sejumlah organisasi mahasiswa (ormawa) menggelar aksi unjuk rasa di halaman kampus mereka di Jalan Sersan Suharmaji, Kelurahan Manisrenggo, Kecamatan Kota Kediri, Senin (13/11/2017) pagi. Mahasiswa menuntut transparansi penggunaan anggaran ormawa kepada pihak kampus.

Mahasiswa mengawali aksi dari luar kampus. Mereka membentangkan berbagai poster berisi tuntutan. Diantaranya bertuliskan "Rezimu Mencekik Kami. Transparansi Anggaran Ormawa" dan masih banyak lagi. Mereka kemudian masuk ke dalam kampus dan berorasi.

Dalam orasinya, mahasiswa meminta klarifikasi penggunaan anggaran Orma tahun 2016-2017. Sebab, setiap Ormawa tidak tahu besar anggaran mereka masing-masing. Disisi lain, mahasiswa selalu dituntut berprestasi, tetapi permohonan anggaran untuk kegiatan minim.

Masih kata mahasiswa, dana kemahasiswaan pada tahun 2017 Rp 100 ribu. Dana tersebut, apabila terkumpul dari 1.027 mahasiswa mencapai lebih dari Rp 100 juta.  Tetapi hanya digunakan untuk kemahasiswaan 70 persen saja, dan sisanya 30 persen untuk yayasan. Mahasiswa meminta penjelasan sisa dana itu.

"Kami menuntut empat poin, pertama anggaran ormawa diplot dan dinaikkan, kedua pengklarifikaaian terkait rincian anggara 2016/2017 dan terakhir dana dinas luar (bidang kemahasiswaan) berbeda dengan dana ormawa," ujar Abdul Basith, koordinator aksi.

Aksi unjuk rasa mahasiswa ini ditanggapi para rektorat Uniska Kediri. Pihak rektor menjelaskan tentang anggaran yang dimintai klarifikasi mahasiswa. Hingga berita ini ditulis, mahasiswa masih menunggu hasil klarifikasi. [nng/but]

Tag : uniska

Komentar

?>