Rabu, 22 Nopember 2017

JK Beberkan Akar Konflik di Indonesia

Minggu, 29 Oktober 2017 16:17:56 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
JK Beberkan Akar Konflik di Indonesia
Wapres Jusuf Kalla didampingi Gubernur Jatim Soekarwo dan Bupati Jombang Nyono Suharli

Jombang (beritajatim.com) – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memaparkan konflik dari masa ke masa yang terjadi di Indonesia. Namun demikian, ia memastikan bahwa konflik tersebut bukan bersumber dari agama.

Menurut JK, ada faktor lain yang jadi pemicu, semisal ketidakadilan. Sementara faktor agama hanya sebagai pendorong. Hal itu disampaikan JK dihadapan 150 peserta Asean Youth Interrfaith Camp 2017 (AYIC 2017) di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu), Jombang, Minggu (29/10/17). Para peserta yang hadir berasal 21 negara.

Semenjak Indoensia merdeka, terdapat 15 konflik di Indonesia. Yang paling segara adalah konflik yang terjadi di Poso dan Ambon. Ribuan orang meninggal dalam konflik tersebut. "Akan tetapi konflik tersebut bukan berakar dari agama," kata JK.

Dia menilai, konflik-konflik tersebut paling banyak dipicu oleh ketidakpuasan terhadap pemerintah pusat. Semisal yang terjadi di NAD (Nangroe Aceh Darussalam). "Sumber daya alam Aceh cukup makmur, namun masyarakatnya belum sejahtera. Nah, hal itulah yang menimbulkan konflik Aceh beberapa waktu lalu," ujar JK.

"Sebenarnya bukan konflik Agama, selama 70 tahun kita merdeka ada 15 konflik besar, sepuluh diantara konflik besar itu karena ketidakadilan, ketidak kemudian Agama memenjadi pendorongnya," sambung JK di hadapam ratusan hadirin.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini juga membeberkan tentang situasi negara-negara di kawasan Asean. Dari sepuluh negara Asean, terdapat tiga negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Yakni, Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Selebihnya, adalah negara dengan mayoritas penduduknya beragama Katolik dan Budha. Namun, kata dia, seluruhnya bisa bersatu.

Usai memberi sambutan di acara Asean Youth Interrfaith Camp 2017, Wakil Presiden Jusuf Kalla langsung bertolak ke Pesantren Tebuireng untuk melakukan silaturahmi dengan beberapa Kiai dan melakukan ziarah di Makam Mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. [suf]

Tag : pesantren ayic

Komentar

?>