Selasa, 21 Nopember 2017

Implan Tulang Murah Akan Tersedia di Indonesia

Selasa, 24 Oktober 2017 00:11:53 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Implan Tulang Murah Akan Tersedia di Indonesia

Surabaya (beritajatim.com) - Pusat Teknologi Material Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (PTM-BPPT) dan PT. Zenith Allmart Precisindo (PT. ZAP) meluncurkan produk inovasi implan tulang biometalik berbahan stainless steel, dengan harga 70 persen lebih murah dari produk impor.

Kepala BPPT Dr Unggul Priyanto mengatakan, diluncurkannya produk inovasi ini menyusul telah diterbitkannya sertifikasi produksi dan ijin edar dari Kementerian Kesehatan kepada PT. Zenith Allmart Precisindo selaku produsen implan tulang.

"Seiring dengan meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas dan membantu meningkatkan pelayanan dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan yakni kebutuhan alat kesehatan (alkes) secara nasional," tutur Unggu Priyatno saat peluncuran di Hotel Shangrila Surabaya, Senin (23/10/2017).

Ia mengungkapkan, tujuan lain yakni turut dalam pengembangan alat kesehatan yang berkualitas dengan harga murah oleh industri alat kesehatan dalam negeri, karena produk alkes yang beredar di dalam negeri masih didominasi produk impor yaitu sebesar 94%, sangat jauh tinggi dibandingkan produk lokal yang hanya 6%.

"Teknologi produksi massal seperti ini mampu menekan harga produk menjadi lebih rendah namun dengan kekuatan mekanik yang konsisten di atas standar minimum yang dipersyaratkan. Harga implan yang dihasilkan menurut perhitungan awal diperkirakan dapat mencapai 70% lebih murah dari produk impor," tandasnya.

Sementara itu, CEO PT Zenith Allmart Precisindo, Allan Changrawinata mengatakan, implant tulang ini menggunakan bahan baku lokal dan bahan baku hasil industri smelter dalam negeri feronikel Pomalaa produk dari PT. Aneka Tambang.

"Stainless steel 316L yang dihasilkan telah memenuhi persyaratan komposisi kimia bahan yang sesuai yakni jenis ASTM F138 (316L Implant Quality) dan kekuatan mekanis ASTM F138 (316L Implant Quality)," kata Allan.

Hasil uji medis, tambahnya, tidak jauh berbeda dengan implan impor, dalam hal ini produk Synthes dari Switzerland yang banyak dijadikan acuan dalam dunia medis.

"Pengembangan produksi implan tulang biometalik stainless steel 316L menggunakan teknologi investment casting dengan optimasi memakai gas diffuser. Sehingga, mampu menghasilkan implan tulang dalam jumlah banyak dengan waktu cepat dimana 1 tangkai pengecoran dapat menghasilkan lebih dari 30 keping implan," tandas Allan. [ito/suf]

Tag : implan

Berita Terkait

    Komentar

    ?>