Senin, 18 Desember 2017

ICONIS STAIN Pamekasan Gelar Konferensi Internasional

Sabtu, 21 Oktober 2017 15:56:00 WIB
Reporter : Samsul Arifin
ICONIS STAIN Pamekasan Gelar Konferensi Internasional

Pamekasan (beritajatim.com) - The Committee 1st International Conference on Islamic Studies (ICONIS) STAIN Pamekasan menggelar Konferensi Internasional yang digelar di Hotel Front One Jl Jokotole 282 Pamekasan, Sabtu (21/10/2017).

Kegiatan yang mengusung tema 'Islam a Frendly Cultural Religion' tersebut dijadwalkan akan digelar selama dua hari berturut-turut, terhitung mulai hari ini hingga Minggu (22/10/2017) besok.

Dalam kesempatan itu, tercatat sebanyak tiga tokoh cendikia yang diplot sebagai Keynote speaker. Masing-masing Kamaruddin Amin (Dirjen Diktis Kemenang RI), Muhammad Ali (Associate Professor of Islamic Studies Religious Studies Department University of California, Riverside) dan Mun’im A Sirry (Assistant Professor at University of Notre Dame, USA).

"Alhamdulillah akhirnya kegiatan ICONIS ini dapat terlaksana, sekalipun awalnya kami sempat ragu mengingat banyaknya keterbatasan. Terutama tempat yang belum memadai untuk menyelenggarakan kegiatan ilmiah berskala internasional," kata Ketua STAIN Pamekasan Mohammad Kosim.

Selain itu pihaknya menilai gagasan tema 'Islam sebagai Agama Ramah Budaya (Perspektif Historis-Normatif)' sangat penting untuk dibahas. Terlebih Islam datang tidak datang dari ruang hampa, melainkan hadir melalui wilayah masyarakat berbudaya dan beradab.

"Secara normatif Islam tidak serta merta menolak budaya yang sudah berkembang sebelum Islam. Bahkan jika belum didapat ketentuan hukum secara qath'i, maka adat budaya dan tradisi yang bertentangan dengan hukum Islam bisa menjadi sumber hukum," ungkapnya.

Dari itu pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta maupun pemateri yang menyempatkan diri mengikuti program ICONIS 2017. "Semoga kegiatan ini bermanfaat demi pengembangan Islamic Studies, tekad kami ICONIS ini akan menjadi agenda tahunan dengan kemasan yang akan kita perbaiki kedepan," pungkasnya. [pin/suf]

Komentar

?>