Selasa, 24 Oktober 2017

Inilah Asupan Yang Pas Untuk Ibu Hamil

Senin, 09 Oktober 2017 12:40:07 WIB
Reporter : Wahyu Hestiningdiah
Inilah Asupan Yang Pas Untuk Ibu Hamil

Surabaya (beritajatim.com) - Asupan gizi untuk wanita hamil dan sang bayi memang menjadi satu hal yang perlu di perhatikan caranya saat hamil jangan ada pantangan dalam mengkonsumsi makanan dan pastikan bergizi serta memenuhi protein yang dibutuhkan.

Selain itu utamakan mengonsumsi susu hamil yang mengandung asam folat. Karena kekurangan gizi pada ibu hamil juga akan berpengaruh terhadap janin yang dikandungnya. Sehingga akan menimbulkan bayi berat lahir rendah (BBLR).

Ahli gizi ibu dan anak, Dr. drg. Sandra Fikawati , MPH mengatakan, untuk mencegah BBLR ini, ibu hamil harus mencukupi kebutuhan gizi makro dan mikro.

“Zat gizi mikro itu seperti energi dan protein yang berperan penting dalam proses metabolisme tubuh serta pembentukan plasenta dan organ janin. Zat gizi mikro itu terutama zat besi, asam folat , asam lemak omega, DHA dan sebagainya,” kata Fika saat menjadi pembicara dalam ajang seminar nutrisi Percepatan Pembangunan 1000 HPK yang digelar PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk di Surabaya, Senin (9/10/2017).

Hal yang sama juga diungkapkan Dokter ahli kandungan, dr. Ekarini Aryasatiani, Sp.OG, menurutnya makanan apa saja saat hamil tidak ada pantangan.

“Makan nanas boleh, makanan kuning telor dan semua jenis seafood yang mengandung banyak kolesterol dibutuhkan. Makanya saat hamil kadar kolesterol tubuh juga meningkat,” ujar dr.Eka.

Setelah memasuki masa kehamilan trimester kedua, Maka dokter atau bidan harus mulai menghitung kondisi si ibu. Apakah masih boleh mengonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi atau tidak. Baru pada trimester ke tiga dokter atau bidan aka melihat kondisi janin. Jika janim membesar, maka ibu harus stop makan karbohidrat.

“Usia kandungan 28 minggu sebenarnya tinggal bikin gemuk janin. Kalau karbo terus yang dikonsumsi janin bisa besar,” tegasnyai

Head of Marketing Indofood Nutrition and Special Foods Susan Ernawati mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin yang dikandungan, Indofood meluncurkan SUN Ibu yang diformulasikan sedemikian rupa menghasilkan rasa susu yang enak dan bisa dinikmati oleh ibu hamil dua kali sehari untuk memastikan kecukupan gizi selama kehamilan.

“Kecukupan asupan nutrisi pada saat kehamilan juga bermanfaat untuk mendukung keberhasilan menyusui sehingga 1000 HPK bisa dipenuhi sejak awal. Selain itu harga susu SUN sangat terjangkau,” paparnya.[way/kun]

Tag : gizi hamil

Berita Terkait

    Komentar

    ?>