Sabtu, 18 Nopember 2017

Ratusan Kades Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Rabu, 13 September 2017 00:12:59 WIB
Reporter : Shohibul Hujjah
Ratusan Kades Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan
foto/ilustrasi

Pasuruan (beritajatim.com) - Ratusan kepala desa (kades) di Kabupaten Pasuruan mendapatkan jaminan sosial dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Itu setelah mereka resmi terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan kabupaten setempat.

"Kepala Desa dan aparat desa berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial atas risiko yang mungkin terjadi. Sehingga ketika bekerja mereka merasa aman dan tenang. Untuk sementara baru kepala desa dulu," ujar Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, saat acara pendaftaran serentak Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Kepala Desa se-Kabupaten Pasuruan, di Hotel Royal Senyiur, Kecamatan Prigen, Selasa (12/9/2017).

Menurut Irsyad, pendaftaran perangkat desa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah upaya Pemkab Pasuruan dalam meningkatkan kesejahteraan para kepala desa dan staf di bawahnya.

"Dengan didaftarkannya para Kepala Desa sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan dapat memicu semangat dan motivasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sehingga menjadikan Kabupaten Pasuruan lebih sejahtera dan keluar dari zona daerah tertinggal," terangnya.

Ia menambahkan, Kades sampai perangkatnya adalah ujung tombak pemerintahan di desa. Mereka memiliki tugas berat dan tidak mengenal waktu karena menyangkut pelayanan kepada masyarakat.

"Sehingga, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi Kepala Desa merupakan bentuk kepedulian terhadap nasib aparat dari resiko kecelakaan kerja dan kematian," jelasnya.

Sementara itu, Danang manajemen BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pasuruan menjelaskan, perlindungan yang diberikan kepada perangkat desa meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian, yang iurannya hanya dikenakan Rp 9.180 per bulan.

"Perlindungan tersebut dimulai dari keluar rumah untuk bekerja hingga kembali lagi ke rumah. Apabila peserta BPJS Ketenagakerjaan mengalami kecelakaan kerja, akan mendapatkan perawatan sampai sembuh dan tanpa mengeluarkan biaya apapun di rumah sakit yang terdaftar sebagai Trauma Center (TC) BPJS Ketenagakerjaan," pungkasnya. [oci/suf]

Tag : bpjs

Komentar

?>