Sabtu, 18 Nopember 2017

Warga Sukodono Temukan Kepeng Diduga Zaman Dinasti Ming

Sabtu, 09 September 2017 18:21:36 WIB
Reporter : M. Ismail
Warga Sukodono Temukan Kepeng Diduga Zaman Dinasti Ming

Sidoarjo (beritajatim.com) - Ratusan kepeng logam menyerupai uang logam Cina kuno jaman Dinasti Ming dan Dinasti Ching, ditemukan Epin Sujadi (30) warga Dusun Beciro Desa Jumputrejo, Kec. Sukodono.

Uang logam yang sebagian terdapat huruf Cina yang sudah hilang itu, ditemukan secara tidak sengaja saat Epin menggali tanah sedalam satu meter untuk pondasi rumah barunya.

"Saat saya menggali tanah untuk pondasi rumah, ada bungkusan kain yang sudah hancur, dan sebagiannya ada kepengan logam. Setelah saya urai, jumlahnya banyak sekali," kata Epin sembari menunjukkan ratusan kepeng logam temuannya, Sabtu (9/9/2017).

Epin juga mengaku dirinya pernah menjual sebuah guci kuno yang ditemukan beberapa tahun silam di belakang rumahnya. "Penemuan guci itu pada saat saya sedang membangun kamar mandi di belakang rumah. Saya kira guci biasa, dan ada yang mau mengganti Rp 1,5 juta," tambahnya.

Pasca penemuan uang logam kuno itu tersebar, para warga berbondong-bondong mendatangi rumah Epin. Termasuk petugas Polsek Sukodono dan perangkat desa untuk melakukan pendataan temuan uang kuno tersebut.

Saat ini ratusan kepeng uang logam itu dalam pengawasan Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kab. Sidoarjo. [isa/but]

Tag : sejarah

Komentar

?>