Sabtu, 16 Desember 2017

Siswi SMAN 2 Malang Terpilih Jadi Duta Sungai 2017

Rabu, 30 Agustus 2017 15:02:32 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Siswi SMAN 2 Malang Terpilih Jadi Duta Sungai 2017

Malang (beritajatim.com) - Cinthia Aisyah Saraswati siswi SMAN 2 Kota Malang terpilih menjadi Duta Sungai 2017. Ia terpilih sebagai duta putri, sedangkan duta putra disandang Rahmat Firdansyah dari SMAN 2 Jombang.

Sebelum terpilih sebagai duta sungai 2017, kedua siswa ini bersama puluhan siswa lainnya menjalani tahap seleksi hingga final yang dilaksanakan di Gedung Pertamina SMKN 2 Kota Malang, Rabu (30/8/2017).

"Jika ada Duta Pariwisata, Duta Kebudayaan, kita punya Duta Sungai. Seberapa urgensinya, karena siswa ini ingin punya tokoh. Ini adalah role model di mana duta ini menjadi inspirasi bagi siswa yang lain,  bahwa mengenal air dan sungai juga bisa menjadi orang yang diadakan," kata Direktur Utama Perum Jasa Tirta (PJT) I, Raymond Valiant Ruritan.

Raymond menyebut duta sungai 2017 akan diajak berkeliling dan berbicara mengenai air dan sungai di berbagai even mendatang. Ia juga memiliki alasan mengapa pentingnya Duta Sungai.

"Di Jawa ini masalah air dan sungai sangat besar. Ada pencemaran limbah, ada alih fungsi lahan yang menyebabkan erosi dan sedimentasi di waduk yang kita kelola. Adanya kerusakan ini maka alam yang menjadi korbannya, sehingga kepedulian generasi muda sangat dibutuhkan saat ini," paparnya.

Kabag Humas, GCG, dan PKBL PJT I,
Inni Dian Rohani mengatakan, pemilihan Duta Sungai 2017 merupakan rangkaian acara inti yang menyemarakkan Acara Puncak Gebyar 20 Tahun JKPKA (Jaring-jaring Komunikasi Pemantauan Kualitas Air).

Dalam pemilihan Duta Sungai para peserta yang mengikuti acara tersebut merupakan wakil-wakil pilihan dari SMA/SMK/MAN yang nantinya akan menjadi representasi dari generasi muda penggiat lingkungan.

"Selain Duta Sungai,  PJT I juga menggelar Radyastuti Award yakni penghargaan yang diberikan kepada para insan yang telah berperan aktif dalam mengawal JKPKA dan atas peran serta yang diberikan selama 20 tahun JKPKA berdiri. Hingga kini terdapat 200 sekolah yang berwawasan tentang air dan sungai dalam wadah JKPKA tersebut," ujarnya.

Cinthia Aisyah Saraswati mengatakan setelah terpilih menjadi duta sungai 2017 ia akan melanjutkan visi dan misinya. Dengan melakukan sosialisasi ke orang terdekat untuk tidak buang sampah ke sungai.

"Saya juga tunggu tugas dari jasa tirta. Gambaranya saya mau terus membimbing anggota agar mereka terinspirasi menjaga sungai. Karena kondisi sungai saat ini sudah tercemar tapi tetap memiliki manfaat. Kan yang tercemar di hilir yang dihulu belum, itu harus kita selamatkan," tandasnya. (luc/ted)

Tag : lingkungan

Komentar

?>