Senin, 20 Nopember 2017

Tiga Kuintal Popok Cemari Sungai di Jombang

Jum'at, 25 Agustus 2017 20:26:43 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Tiga Kuintal Popok Cemari Sungai di Jombang

Jombang (beritajatim.com) - Sungai yang melintas di Desa Candimulyo, Kecamatan/Kabupaten Jombang tercemar popok bekas. Hal itu diketahui saat aktivis Brigade Popok dari ECOTON (ecological observation and wetlands conservation) menyisir sungai tersebut, Jumat (25/8/2017).

Hasilnya, aktivis lingkungan itu berhasil mengangkat tidak kurang dari 3 kuintal popok bekas pakai anak-anak maupun dewasa. Selanjutnya mereka menjemur popok lalu menaruh popok dalam wadah besar.

Koordinator Berigade Popok dari ECOTON, Aziz mengatakan, pencemaran sungai dan anak sungai Brantas di wilayah Jombang cukup memprihatinkan. "Selama 3 hari penyisiran sungai, sedikitnya 3 kuintal popok berhasil kami angkat," kata Aziz.

Aziz menerangkan, dari penelitian yang ia lakukan, tumpukan sampah di beberapa aliran sungai 24 persen merupakan sampah plastik dan 60 persen sampah popok bayi. Sisanya merupakan sampah organik kayu, karet dan tekstil.

"Senyawa-senyawa yang ada dalam popok seperti dioksin dan sebagainya, merupakan senyawa pengganggu hormon yang menyerupai estrogen. Popok dari sungai ini kita bawa ke Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang," kata Aziz.

Kabid Dalwas Gakkum DLH Kabupaten Jombang Dwi Ariani mengapresiasi apa yang dilakukan para aktivis ECOTON. Pihaknya berterimakasih terkait perhatian ECOTON terhadap kualitas sungai di Jombang. "Selanjutnya, kita agendakan program 'resik sungai'. Sehingga kebersihan sungai tetap terjaga," pungkas Dwi. [suf]

Komentar

?>