Rabu, 27 September 2017

STAI Al-Khairat Pamekasan Komitmen Berikan Bimbingan Terbaik

Selasa, 22 Agustus 2017 10:55:12 WIB
Reporter : Samsul Arifin
STAI Al-Khairat Pamekasan Komitmen Berikan Bimbingan Terbaik

Pamekasan (beritajatim.com) - STAI Al-Khairat Pamekasan komitmen memberikan memberikan bimbingan terbaik bagi para mahasiswa tingkat akhir, khususnya mereka yang tengah menempuh program penelitian berupa penulisan skripsi.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua STAI Al-Khairat Pamekasan Abdul Muin saat memberikan sambutan dalam Sidang Ujian Skripsi yang digelar di Auditorium Kampus yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Selasa (22/8/2017).

"Kami komitmen memberikan bimbingan terbaik dan kami tidak main-main dalam proses bimbingan ini, mulai dari awal bimbingan proposal dan munaqasah hingga proses bimbingan skripsi," kata Abdul Muin di hadapan peserta.

Bahkan pihaknya juga menggelar pertemuan antar pembimbing sebagai upaya untuk menyamakan persepsi dalam proses bimbingan. Sehingga para mahasiswa yang tengah menjalani bimbingan bisa memahami bidang keilmuan berdasar ilmu penelitian.

"Sebelumnya kita sudah mengadakan pertemuan bersama para pembimbing maupun tim penguji demi menyamakan persepsi. Baik pembimbing maupun penguji sudah kita gelar brain storming, sehingga proses pengujian lebih baik dari sebelumnya. Tentunya sesuai dengan prosedur keilmuan dan penelitian," tegasnya.

Selain itu, pihaknya mengimbau agar mahasiswa yang akan melaksanakan ujian skripsi memahami terhadap isi dan materi yang mereka tulis. "Kita harapkan mahasiswa membiasakan membaca, sekalipun hal itu sepele dan cukup mudah dipahami. Sebab kami khawatir nantinya justru tidak memahami terhadapa apa yang ditulis," imbaunya.

"Setidaknya harus dipahami lebih dulu seputar pendekatan berfikir, mulai dari pendekatan induktif, deduktif hingga analogis. Sekalipun selama ini kecenderungan mahasiswa lebih banyak memilih jenis pendekatan kuantitatif dalam skripsi mereka," jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya mengaku selama ini proses bimbingan skripsi di perguruan tinggi yang dipimpinnya cenderung ketat. Namun hal itu dinilai bisa menempa semangat sekaligus memotivasi mahasiswa agar bisa memahami karya yang mereka garap.

"Memang selama ini (proses) pembimbing skripsi di STAI Al-Khairat dibilang ketat, ini justru digeneralisasi. Tapi faktanya banyak mahasiswa yang lulus dengan nilai memuaskan, sebab mereka memahami terhadap materi bimbingan," pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir para pimpinan, dosen penguji hingga ratusan mahasiswa yang akan mempertahankan hasil skripsi mereka di hadapan tim penguji. Namun ujian skripsi dijadwalkan akan digelar hingga Minggu (27/8/2017) mendatang. [pin/kun]

Komentar

?>