Senin, 22 Oktober 2018

Maba Unitomo Deklarasikan Perang Terhadap Narkoba

Senin, 21 Agustus 2017 22:36:39 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Maba Unitomo Deklarasikan Perang Terhadap Narkoba

Surabaya (beritajatim.com) - Sebanyak 700 mahasiswa baru (maba) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) tahun akademik 2017/2018 yang sedang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) mendeklarasikan penolakan peredaran narkoba di kampus yang beralamatkan di Jl Semolowaru 84 Surabaya, Senin (21/8/2017).

"Deklarasi dan sosialisasi anti narkoba ini untuk membentengi mahasiswa Unitomo sejak dini. Supaya para mahasiswa baru tidak terpengaruh dengan narkoba," ujar Suyanto, Wakil Rektor III Unitomo Surabaya.

Ia mengatakan, sebenarnya jumlah mahasiswa baru tahun ini sebanyak 1300 orang, namun yang bisa mengikuti PKKMB hanya separuhnya. Karena sebagian dari mereka sudah bekerja. "Yang lain tidak bisa ikut karena mereka adalah mahasiswa dari kalangan karyawan yang sulit mendapatkan izin dari tempat mereka bekerja," kata Suyanto.

Presiden BEM Unitomo Dedy Ahmadi menyatakan siap mengawal upaya pemberantasan narkoba di lingkungan kampusnya. Ia juga telah membuat tim khusus dalam memantau keamanan kampusnya dari serangan narkoba.

"Kami sebagai BEM siap memangkas peredaran barang haram itu di lingkungan kampus. Selain itu kami juga sudah menyiapkan tim untuk mengawasi dan mencegah masuknya barang haram ini di kampus Unitomo," terang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini.

Pernyataan deklarasi yang dilakukan di auditorium kampua setempat disaksikan langsung oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim.

Kasi Pencegahan BNNP Jatim, Satriyono mendukung upaya yang dilakukan oleh Unitomo terhadap pencegahan dan perang terhadap narkoba. Pasalnya​ dewasa ini peredaran narkoba lebih intens menyasar mahasiswa di kampus-kampus perguruan tinggi.

"Jumlah kasus narkoba terus meningkat setiap tahun. Dari 88 kasus pada 2014, menjadi 96 kasus pada 2015. Kemudian meningkat lagi menjadi 116 di tahun 2016," ungkap Satriyono.

"Kasus yang kami tangani beragam. Mulai kasus pil dobel L, sabu-sabu (SS), ganja dan sebagainya. Saya salut Unitomo selama ini telah menjadi salah satu mitra BNNP dalam upaya memerangi narkoba," imbuhnya.

Diketahui dalam deklarasi ini ratusan mahasiswa juga membubuhkan tanda tangan di atas banner berukuran besar sebagai pernyataan siap memerangi narkoba di lingkup kampus. [ito/suf]

Komentar

?>