Sabtu, 21 Oktober 2017

Santri Pondok Bata-bata Raih Medali Emas di Ajang AkSIOMA

Minggu, 13 Agustus 2017 10:57:41 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Santri Pondok Bata-bata Raih Medali Emas di Ajang AkSIOMA

Pamekasan (beritajatim.com)--Salah satu santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Asyraful Anam sukses meraih medali emas pada ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2017 yang digelar di Yogyakarta.

Siswa kelas X Madrasah Aliyah (MA) MUBA tersebut, sukses mengharumkan nama Provinsi Jawa Timur dengan raihan medali emas melalui lomba kaligrafi tingkat MA katagori Putra.

Ia berhasil mengalahkan dua delegasi asal Borneo, yakni Muhammad Akmal Gifary delegasi MA Asy-Syifa Kalimantan Timur yang meraih medali perak. Sedangkan medali perunggu diraih Abdurrahim delegasi MAN 2 Tabalong, Kalimantan Selatan.

"Hal ini sangat perlu diapresiasi dan harus selalu didukung agar selalu berkembang, khususnya bagi Jamiyatul Khat sebagai badan otonom di pondok pesantren yang konsen di bidang seni lukis dan kaligrafi," kata Ketua Pengurus Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Ahmad Khusairi, Minggu (13/8/2017).

Peserta AKSIOMA-KSM 2017 merupakan siswa-siswi terbaik di seluruh Indonesia yang telah melalui seleksi dari tingkat Kabupaten/Kota hingga Provinsi. Jumlah total peserta mencapai angka 2.178 orang yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, berbagai jenis perlombaan dengan dua katagori berbeda. Masing-masing lomba cabang AKSIOMA, meliputi MTQ, kaligrafi, pidato tiga bahasa, hadroh, tenis meja, bulu tangkis, futsal dan lainnya.

Sementara untuk bidang KSM meliputi Matematika plus Pendidikan Agama Islam (PAI), IPA+PAI, Bilogi+PAI, Fisika+PAI, Kimia+PAI, Geografi+PAI dan Ekonomi+PAI. Sedangkan untuk LKTI terdiri dari bidang IPA, IPS dan Keagamaan. [air/pin]

Komentar

?>