Jum'at, 15 Desember 2017

Hindari Perpeloncoan, Maba Digembleng Dasar-dasar Wirausaha

Jum'at, 04 Agustus 2017 22:22:31 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Hindari Perpeloncoan, Maba Digembleng Dasar-dasar Wirausaha

Surabaya (beritajatim.com) - Hindari perpeloncoan dan mengenalkan mental Entrepreneurship, Univeristas Ciputra (UC) Surabaya gelar kegiatan orientasi mahasiswa baru bertajuk "O-Week" di Tunjungan Plaza sejak Senin (31/7/2017).

Wakil Rektor Bidang Operasional Universitas Ciputra Surabaya Victor Effendi, Jumat (4/8/2017) menjelaskan, acara tersebut melibatkan 1.000 mahasiswa baru (maba). Mereka terbagi dalam 100 kelompok dan diwajibkan untuk berdagang.

"Acara ini bertujuan untuk mengenalkan cara berbisnis tingkat dasar, para maba dibekali dana Rp500 ribu dan diwajibkan untuk membuat produk yang siap dipasarkan," kata Victor Effendi.

Ia mengatakan, kegiatan ini sengaja dilakukan agar mengenalkan sistem perkuliahan yang nantinya akan dijalani. "Desain kegiatan O-Week ini untuk melatih kepercayaan diri, kreatifitas, dan kerjasama dengan para trainer," urainya.

Di masa orientasi, lanjut Victor, maba dibekali berbagai materi terkait ide kreatif dalam membuat startup bisnis. Yang memberikan materi adalah beberapa pelaku bisnis. Dengan begitu, trainee dapat merancang startup bisnis bersama kelompoknya.

"Saat ini ada 1.000 trainee yang terbagi menjadi 100 kelompok sedang mengikuti agenda selling game. Mereka menyajikan berbagai kreasi bisnis yang digagas bersama kelompoknya," ujar Victor.

Victor mengemukakan, produk yang disajikan para peserta dengan dekorasi yang merupakan perpaduan budaya dari anggota kelompoknya. "Kelompok dengan Business Model Canvas (BMC) terbaik akan diberikan kesempatan untuk melakukan pitching untuk mendapatkan apresiasi," paparnya.

Yohanes Daniel Subroto ketua tim kelompok penjual nasi kucing asal Bali "Nasi Jinggo" menjelaskan, produk yang dijualnya terdiri dari ayam suir, sambel, yang asli disajikan dengan daun pisang.

"Nasi Jinggo kami beda dengan umumnya, yakni ditambahkan keju, serta disajikan dengan cup yang biodegradable atau ramah lingkungan dari bahan daur ulang," tandasnya. [ito/suf]

Komentar

?>