Minggu, 19 Nopember 2017

100 Anak Ikuti Khitan Massal Arsinu di RS Unipdu

Minggu, 23 Juli 2017 12:51:23 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
100 Anak Ikuti Khitan Massal Arsinu di RS Unipdu

Jombang (beritajatim.com) - Sedikitnya 100 anak mengikuti khitan massal yang digelar Arsinu ( Asosiasi Rumah Sakit Nahdlatul Ulama). Acara tersebut ditempatkan di RS Unipdu Medika Jombang, Minggu (23/7/2017).

Sejak pagi, 100 anak itu sudah memadati halaman RS yang berada di Jl Raya Tambar – Peterongan, Jogoroto, Jombang. Mereka berjajar rapi dengan didampingi orang tua masing-masing. Sebelum khitan dimulai, lantunan salawat badar mengiringi. Anak-anak itu diarak menuju kursi yang sudah disediakan.

Ketua Arsinu, HM Zulfikar As'ad mengatakan, jumlah pendaftar khitan massal tersebut cukup banyak. Namun kuota yang disediakan panitia hanya 100 anak. "Jadi kami minta maaf jika ada warga yang anaknya tidak masuk dalam kuota," ujar Gus Ufik, panggilan akrab HM Zulfikar As'ad.

Dia mengatkan, selain di RS Unipdu kegiatan serupa juga akan dilakukan di tempat lain. Yakni rumah sakit yang tergabung dalam jaringan Arsinu. Walhasil, kegiatan tersebut mendapat dukungan dari PT Kalbe Farma Tbk.

"Setiap peserta khitan mendapatkan sarung, baju, peci, serta uang saku. Semoga apa yang kami ini bisa membantu masyarakat sekitar," katanya menambahkan.

Lantas apa tujuan kegiatan itu? Gus Ufik mengatakan, tujuan pelaksanaan khitan massal tersebut untuk syiar agama serta sarana sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya khitan.

Selain Gus Ufik, acara tersebut juga dihadiri sejumlah pihak. Diantaranya, Direktur Farma PT Kalbe Farma Tbk, Michael Buyung, kemudian Medical Senior Executive PT Kalbe Farma Tbk, dr Nugroho Nitiyoso. Sementara perwakilan Pemkab Jombang diwakili Kepala Kantor Kesbangpol, Masud.

Salah satu peserta khitan masaal, Noval (12), mengatakan, dirinya ikut acara tersebut tanpa paksaan dari orang tua. "Saya nggak takut khitan. Apalagi di sini banyak temannya," ujar bocah kelas VI SD itu. [suf]

Komentar

?>