Kamis, 27 Juli 2017

KKB Ubaya Berbagi untuk Perintis Kemerdekaan RI

Senin, 17 Juli 2017 14:23:48 WIB
Reporter : M. Ismail
KKB Ubaya Berbagi untuk Perintis Kemerdekaan RI

Bojonegoro (beritajatim.com)‎ - Keluarga Kita Bersatu (KKB) perkumpulan dari alumni Universitas Surabaya (Ubaya) memberikan bantuan penghargaan kepada 6 Pejuang Perintis Kemerdekaan RI dan para janda perintis di Kabupaten Bojonegoro.

Acara yang dikemas dengan "Peduli Untuk berbagi" itu disalurkan dalam bentuk tunai dengan didampingi petugas Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro.

Sekretaris Dinas Sosial Kab Bojonegoro Saptatik mengapresiasi sikap kepedulian kepada pejuang perintis dan para janda.

‎Pihaknya selaku aparat di Dinsos di Bojonegoro mengucapkan terima kasih atas perhatiannya. "Kami juga mempunyai tanggungjawab moral kepada bapak ibu perintis kemerdekaan. Semoga kegiatan positif ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan," pujinya, Senin (17/7/2017).

Dalam kegiatan di kota penghasil minyak bumi ini, KIB mendatangi langsung  rumah perintis kemerdekaan. Keluarga bersatu ini terdiri dari berbagai macam profesi ada dosen, PNS, pengusaha dan notaris datang ke Bojonegoro bertujuan berbagi untuk sesama.

Anggaran kegiatan datang dari iuran pribadi anggota, lalu di bagikan dengan uang tunai Rp 500 ribu rupiah kepada yang berhak.

"Di Kabupaten Bojonegoro ini ada  3 janda perintis serta 3 orang pejuang kemerdekaan yang masih hidup. Jadi total ada 6 orang yang mendapat bantuan," sebut Yusrambono, SH, Ketua Pelaksana.

Dosen Hukum Ubaya yang akrap disapa Pak Bono itu menambahkan, sebelumnya KIB sudah roadshow peduli perintis kemerdekaan di kota Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang.

Sementara itu menurut Bambang Prasetyo Widodo, SH, Ketua Perkumpulan Keluarga Kita Bersatu (KKB) menjelaskan, terbentuknya KIB ini berawal dari kegiatan traveling yang dilakukan alumni Ubaya.

Dengan menyisihkan rezeki yang mereka miliki akhirnya kegiatan sosial ini bisa terbentuk dan sudah berjalan satu tahun ini. "Saat traveling dengan teman-teman alumni tercetuslah ide sosial berbagai ke sesama," imbuhnya.

Kenang Bambang, awalnya kegiatan dimulai di kampung tuna grahita Desa Kepatihan Kabupaten Ponorogo, dengan membagikan 400 paket sembako.

Tiap tahun dalam kegiatan, berbeda dalam ide pelaksanaan. Setelah bantuan di kampung tuna grahita, lalu sebanyak 235 Perintis Kemerdekaan se-Jatim. "Untuk tahun depan insya Allah akan menyalurkan bantuan dalam bentuk lain misal membangun jembatan," tutur pria yang akarp disapa Wiwid itu.

Data yang diterimaberitajatim.com, para perintis dan janda perintis yang mendapatkan bantuan KKB itu antara lain.

Saliyo HP warga Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro (hidup),Wakiran warga ‎Dusun Bedug Desa Sumuragung RT 08 RW 02 Kab. Bojonegoro (hidup), Kasmadi ‎warga Desa  Karangpacar RT. 12 RW.02‎ warga Jalan Wr. Soepratman no18 Kabupaten. Bojonegoro (meninggal duni)‎ diterima isterinya Patonah,  Durajak Kel. Kedaton Kec. Kapas Kab.
 Bojonegoro (meninggal dunia) dan diterima Masirah istri almarhum, Kiran warga ‎Dusun Baron Desa Ngempal Kec. Sumberejo (hidup) dan bantuan kepada ‎H. Mardam warga ‎Kedungdowo.

Kegiatan serupa juga pernah di lakukan KKB untuk keluarga Perintis Kemerdekaan di daerah Sumenep, Madura. Di Sumenep, ada sebanyak 25 keluarga yang menerima bantuan KIB. (isa/ted)

Tag : ubaya

Komentar

?>