Selasa, 25 Juli 2017

Emil Dardak: Berkontribusi ke Masyarakat Tak Perlu Tunggu Usia Matang

Sabtu, 15 Juli 2017 20:50:07 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Emil Dardak: Berkontribusi ke Masyarakat Tak Perlu Tunggu Usia Matang

Surabaya (beritajatim.com) - "Anak Muda harus Cerdas dan Berintegritas serta selalu berkontribusi kepada masyarakat tak perlu menunggu matangnya Usia".

Kutipan tersebut yang disematkan oleh Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak saat menghadiri prosesi wisuda Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ke-89 di GOR Bima, Kampus Lidah Wetan, Sabtu (15/7/2017).

Suami Arumi Bachsin itu juga mengajak 1100 wisudawan dari jenjang diploma, sarjana, master, hingga doktor yang saat ini telah memperoleh ijazahnya, agar bercita-cita setinggi mungkin untuk mencapai tujuan baik bagi diri sendiri maupun bagi kehidupan sekitarnya.

"Hanya dibutuhkan dua aspek yakni kecerdasan dan integritas. Saya yakin karena generasi millenial adalah generasi yang cerdas sehingga tantangannya kemudian adalah godaan berpikir instan. Namun, kita tidak boleh ambil jalan pintas dan harus tekun mencari jalan keluar. Saya yakin tidak ada result yang baik tanpa investasi sebelumnya,” papar Emil.

Doktor Ekonomi Pembangunan dari Ritsumeikan Asia Pacific University Japan itu juga mengundang para wisudawan agar berkontribusi dalam tataran lebih besar. Karena saat ini Indonesia telah berada di persimpangan dalam kondisi dunia yang kian dinamis.

"Hanya ada dua cara untuk mengatasinya, yaitu meningkatkan produktivitas dan memberantas korupsi. Kenapa demikian, korupsi adalah soal problem integritas kita. Integritas adalah isu di semua bidang kehidupan jadi tak cuma di birokrasi saja. Dan untuk mewujudkan Indonesia emas 2045 saya berharap para lulusan unesa memiliki integritas tinggi dan menjadi bagian generasi penerus yang berpartisipasi," jelasnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Warsono, MS, Rektor Unesa, mengatakan bahwa tema dalam wisuda tahun ini adalah Wisudawan Unesa siap menjadi Generasi Cerdas berintegritas. Dan pihaknha berharap dari semua para lulusannya dapat mengatasi segala tantangan baru di dunia kerja nanti. Terutama, mampu menjadi seseorang yang tidak sekedar memiliki keterampilan dan kecerdasan saja, tetapi juga kepribadian dan moral yang baik.

“Kami berharap semoga bekal yang telah diberikan oleh Unesa dapat dimanfaatkan untuk bersaing di dunia kerja sekaligus memberikan manfaat pada kehidupan sosial nanti,” tandas pengajar Pendidikan Pancasila ini. (ito/kun)

Komentar

?>