Senin, 25 September 2017

Hebat! Mahasiswa ITS Raih Juara I Mawapres

Jum'at, 14 Juli 2017 01:03:58 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Hebat! Mahasiswa ITS Raih Juara I Mawapres

Surabaya (beritajatim.com) - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil pertahankan gelar juara pertama Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat Nasional, program Diploma tahun 2017, yang digelar di Hotel Swiss Bellin Tunjungan, Surabaya.

M Syaifuddin Zuhri, mahasiswa D4 Teknik Infrastruktur Sipil ITS, peraih Hasil Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional (Pilmapres) dalam ajang tahunan yang digelar oleh Direktorat Kemahasiswaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiwaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi(Kemenristekdikti). Ia mengalahkan para finalis dari seluruh Indonesia.

"Sebelumnya pernah juara Karya Tulis tingkat nasional, namun pada event ini begutu tidak percaya nama saya disebut sebagai pemegang gelar juara pertama Mawapres Nasional program Diploma. Karena finalis yang lain lebih banyak prestasinya dan karya tulisnya bagus-bagus," ungkap Ifud sapaan akrabnya, Kamis (13/7/2017).

Mahasiswa angkatan 2014 ini mengatakan, kompetisi nasional ini untuk program Diploma yang menduduki juara II mahasiswa dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan juara III dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Sedangkan untuk program Sarjana juara I diraih mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM), juara II dari Universitas Indonesia (UI), dan juara III dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Sebelumnya saya juara pertama Mawapres tingkat ITS. Dalam kompetisi ini, saya membuat karya tulis tentang konstruksi bangunan tahan gempa. Karya tulis ini juga yang saya presentasikan saat seleksi tingkat ITS, tapi dengan beberapa perbaikan lagi sesuai saran dari para dosen," kata mahasiwa kelahiran 11 Mei 1996 ini.

Keikutsertaannya dalam ajang bergengsi di kalangan mahasiswa se-Indonesia ini tidak luput dari dorongan yang terus diberikan oleh para dosennya, teman kuliahnya, serta orang tuanya sendiri. "Merekalah motifasi saya dalam mengikuti kompetisi Mawapres ini, Alhamdulillah​ dapat memperoleh juara," ujar alumnus SMA Negeri 2 Lamongan ini.

Rangkaian kegiatan Pilmapres 2017 ini dimulai dengan seleksi di tingkat Perguruan Tinggi, tingkat wilayah dan kemudian tingkat nasional. Pada tingkat nasional telah terpilih sesuai kuota sebanyak 228 mahasiswa, yang kemudian terpilih 26 finalis (17 mahasiswa program Sarjana dan 9 mahasiswa Diploma) untuk menentukan tiga mahasiswa terbaik program Sarjana dan tiga mahasiswa terbaik program Diploma.

Selama tiga hari, mulai 10 Juli para finalis tersebut harus dikarantina di hotel untuk mengikuti seleksi dari para juri, sebelum akhirnya ditentukan yang terbaik pada 12 Juli kemarin. Saat karantina tersebut, para finalis harus mempresentasikan karya tulisnya langsung di hadapan para juri.

"Saat presentasi sempat mengalami nervous karena juri yang sangat kritis, tapi akhirnya ia bisa memberikan yang terbaik. Meski sempat nervous tapi saya bisa memberikan presentasi dan jawaban yang memuaskan kepada para juri," aku sulung dari dua bersaudara ini.

Mungkin hal itu pula, menurut anggota tim Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) ITS ini, yang akhirnya membuat dirinya dipercaya sebagai juara pertama.

"Alhamdulillah saya bisa membawa nama ITS ke kancah nasional dan berharap nantinya bisa mendorong teman-teman lainnya untuk lebih berprestasi mengharumkan nama ITS juga baik di kancah nasional maupun internasional," tuturnya. [ito/suf]

Tag : its juara

Komentar

?>