Senin, 25 September 2017

Daftar Ulang SMA/SMK Negeri Tak Ada Pungutan Sepeser pun

Rabu, 12 Juli 2017 15:24:42 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Daftar Ulang SMA/SMK Negeri Tak Ada Pungutan Sepeser pun
Syaiful Rachman, Kepala Dinas Pendidikan Jatim. [Foto: dok/bj.com]

Surabaya (beritajatim.com)-- Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Saiful Rachman, mengimbau kepada kepala sekolah atau wali murid bahwa proses daftar ulang pascaditerima dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Negeri di Jatim hendaknya tidak ada unsur pungutan atan pembayaran sepeser pun.

"Saya pastikan selama proses daftar ulang agar tidak ada pungutan apapun, apakah itu Tes Potensi Akademik (TPA), uang gedung, atau pembayaran lainnya," tegas Saiful Rachman, Rabu (12/7/2017).

Ia mengatakan, khusus seragam, sebaiknya dibicarakan dengan komite sekolah dan orang tua. Bila harus membeli sebaiknya sekolah kerja sama dengan koperasi.

"Sekolah boleh menawarkan seragam. Beli atau tidak terserah orang tua. Tidak boleh ada paksaan,” tutur mantan Kepala Badiklat Jatim ini.

Ia menjelaskan, pemerintah juga telah menyiapkan jatah kain seragam gratis untuk seluruh siswa SMA/SMK Negeri kelas X ini. "Setiap siswa akan mendapat dua stel kain, yakni putih abu-abu dan pramuka. Totalnya ada 220 ribu kali dua stel kain yang akan didistribusikan ke siswa," paparnya.

Dengan demikian, lanjut Saiful, tidak ada alasan lagi sekolah menarik biaya untuk seragam. “Akhir Juli 2017 baru kita distribusikan. Memang agak telat karena kemarin kontraknya sempat mundur,” ungkapnya.

Ditanya mengenai PPDB Online pemenuhan pagu untuk SMA dan SMK selama dua hari yang resmi ditutup pada Selasa (11/7/2017) dini hari, terdapat 7.500 siswa yang diterima, baik SMA dan SMK.

"Pada pemenuhan pagu ini, sebanyak 3.550 siswa yang diterima di SMA negeri, sedangkan SMK ada 3.950 siswa," tandasnya. [air/ito]

Tag : ppdb

Komentar

?>