Senin, 24 Juli 2017

Hanya 9 Pendaftar, SD di Kota Malang Ini Kesulitan Dapat Murid

Selasa, 11 Juli 2017 20:33:20 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Hanya 9 Pendaftar, SD di Kota Malang Ini Kesulitan Dapat Murid

Malang(beritajatim.com) - Kota Malang dijuluki sebagai kota pendidikan. Namun sejumlah Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Malang kesulitan mendapat murid.

Seperti di SDN Bareng 4 Kota Malang. Sejak pendaftaran dibuka tanggal 3 hingga 6 Juli 2017, hanya 9 siswa yang mendaftar.

Pihak sekolah memperpanjang masa pendaftaran. Persoalannya adalah akses jalan yang tertutup perumahan dan hotel, sehingga akses ke sekolah minim. "Itu salah satu faktor minimnya murid yang mendaftar di sekolah kami,” kata Kepala Sekolah SDN Bareng 4, Sih Pangajunaningtyas, Selasa, (11/7/2017).

Sih menyebut sekolah memiliki harapan dengan adanya Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang PPDB, dimana di dalamnya terdapat pembatasan kuota penerimaan peserta didik baru. Sehingga sekolah tidak bisa seenaknya menerima siswa baru dalam jumlah yang banyak.

“Jika di suatu sekolah kelebihan siswa yang mendaftar, maka sekolah yang bersangkutan harus mengarahkan walimurid ke sekolah lain yang masih kekurangan siswa,” ucapnya.

Ia mengatakan di SDN 4 Bareng ada penurunan jumlah siswa sejak tahun 2015. Dalam setahun terakhir hanya ada 14 siswa yang mendaftar. Ia menyerahkan keputusan akhir kepada pemerintah. "Karena kalau sepi terus bisa saja sekolah kita digabung dengan sekolah lain," ujar Sih.

Hal yang sama juga dialami SDN Bareng 5 hingga hari terakhir pendaftaran sekolah pada 7 Juli lalu, hanya 17 siswa yang mendaftar. Padahal pagu penerimaan peserta didik baru tahun ini sebnayak 28 siswa.

"Karena pagu belum terpenuhi kami terus membuka pendaftaran. Pendaftaran baru kami tutup sampai pagu 28 siswa terpenuhi," tandas Fajar Budiyanto, panitia PPDB di SDN Bareng 5 Kota Malang. (luc/ted)

Tag : sekolah

Komentar

?>