Sabtu, 18 Nopember 2017

Jelang Masuk Sekolah, Penjualan Alat Tulis Meningkat Drastis

Selasa, 11 Juli 2017 17:25:38 WIB
Reporter : M Muthohar
Jelang Masuk Sekolah, Penjualan Alat Tulis Meningkat Drastis
Masuk Sekolah

Tuban (beritajatim.com) - Memasuki tahun ajaran baru dan libur sekolah tinggal beberapa hari lagi membuat sejumlah toko buku dan perlengkapan untuk sekolah ramai diserbu warga masyarakat yang ingin mencari perlengkapan peralatan sekolah, Selasa (11/7/2017).

Hal itu membuat penjualan buku di sejumlah toko maupun grosir di wilayah Kabupaten Tuban meningkat drastis di bandingkan dengan hari-hari biasa. Bahkan para pedagang kuwalahan karena melayani pembeli yang ramai untuk memilih perlengkapan sekolah.

"Ini sudah mulai ramai sejak habis lebaran kemarin mas. Memang ini ramai menjelang masuk sekolah," terang Shoimah (27), pemilik toko buku dan perlengkapan sekolah yang ada di Pasar Baru, Kabupaten Tuban.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, puluhan warga baik dari anak muda hingga orang dewasa berdatangan ke toko tersebut. Sebagian besar yang mereka cari adalah buku tulis yang memang banyak terjual menjelang masuknya tahun ajaran baru ini.

"Yang paling banyak mengalami peningkatan itu buku. Karena ini yang beli mulai dari SD sampai SMA," tambahnya.

Menurutnya, peningkatan drastis penjualan buku dan peralatan sekolah di tokonya itu terjadi sekitar 10 hari terakhir ini. Dalam sehari rata-rata bisa menjual sebanyak 150 dus yang berisikan puluhan pak buku. Untuk satu pak buku berisi 10 biji dijual dengan harga Rp 17.500 untuk isi 38 lembar serta Rp 26 ribu untuk isi 58 lembar.

"Kalau hari-hari biasa paling kita hanya bisa menjual rata-rata 10 sampai 20 dus. Karena kita juga jualnya sebagai grosir," ungkap Shoimah di sela-sela melayani pembelinya.

Sementara itu, karena membeludaknya pembeli buku selama beberapa hari terakhir ini membuatnya kuwalahan untuk menjaga standnya dan harus minta bantuan pada suami dan mertuanya untuk berjualan. Selain itu Shoimah juga harus membuat stand di luar tokonya karena di dalam tokonya tidak bisa menampung barang dagangannya dan juga pembeli.[mut/ted]

Tag : sekolah

Komentar

?>