Senin, 24 Juli 2017

SMPN 2 Buduran Didemo Warga Sekitar

Selasa, 11 Juli 2017 11:44:25 WIB
Reporter : M. Ismail
SMPN 2 Buduran Didemo Warga Sekitar

Sidoarjo (beritajatim.com) - Puluhan warga gogol Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran Sidoarjo, demo mendatangi SMPN 2 Buduran di Desa Sidokepung Jl Mlaten, Buduran, Sidoarjo, Selasa (11/7/2017).

Kedatangan warga ini dipicu oleh kekecewaan warga terhadap pihak sekolah yang dinilai melanggar kesepakatan. Para warga ini juga membentangkan berbagai macam spanduk tuntutan di depan sekolah.

Para warga yang kebanyak para wali murid dan juga anak-anak ini mengaku merasa kesal karena banyak anak warga setempat, tidak masuk atau terterima di SMPN 2 Buduran.

"Dalam kesepakatan sebelum didirikan sekolah ini, warga meminta untuk memprioritaskan anak-anaknya bisa diterima di sekolah ini. Tapi kenyataannya, pihak sekolah melanggar kesepakatan itu," kata Suki (57), warga setempat.

Dia menambahkan, permintaan warga kepada pihak sekolah agar bisa menerima 13 anak-anaknya di sekolah tersebut. "Saya dengar siswa disini ada kurang lebih 600 siswa. Tapi kenapa tidak bisa memasukkan 13 anak dari warga Sidokepung sendiri," tambahnya kesal.

Tanah yang didirikan sekolah ini dulunya adalah tanah gogol milik warga. Karena permintaan desa dalam musyawarah agar tanah tersebut dijual untuk dijadikan gedung sekolah, maka warga menyetujui demi kelangsungan pendidikan di daerah itu.

"Tanah ini dijual dengan harga yang sangat murah. Tapi kami fikir tidak masalah, karena demi untuk tempat pendidikan anak cucu kami bisa sekolah disini," imbuh Suki.

Dalam aksi ini, warga juga mengancam akan menyegel pintu SMPN 2 Buduran apabila pihak sekolah tidak segera mengambil kebijakan. "Kami berharap pihak sekolah bisa menerima 13 anak-anak kami supaya masuk di SMPN 2 Buduran ini," harap warga lainnya.

Sampai saat ini, pihak sekolah juga belum memberikan statemen dan atau tanggapan soal tuntutan warga ini. Pihak sekolah juga belum menemui perwakilan warga dalam kejadian ini. Sementara di lokasi, aparat kepolisian juga mengamankan dan mengawal jalannya aksi warga ini. [isa/but]

Komentar

?>