Kamis, 18 Oktober 2018

Peserta Ujian Jalur Mandiri Undip di Surabaya Capai 1127

Sabtu, 08 Juli 2017 18:26:02 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Peserta Ujian Jalur Mandiri Undip di Surabaya Capai 1127
Ujian Undip Jallur Mandiri

Surabaya (beritajatim.com) - Sebanyak 1127 peserta ikuti Ujian Mandiri penerimaan mahasiswa baru (PMB) Universitas Diponegoro Semarang (Undip) yang dihelat oleh Ikatan Alumni Undip Jatim di Sekolah Menengah Atas Dr Soetomo Jl Manyar Rejo I no 39 Menur Pumpungan Surabaya.

Diketahui dalam PMB tahun ajaran 2017/2018 ini, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menerapkan tiga jalur penerimaan yakni melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 40 persen, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri​ (SBMTPN) 35 persen dan 25 persen dibagi dalam jalur Ujian Mandiri.

Ketua Pantia Lokasi Ujian Mandiri S1 Undip Jatim, Herry Lisbianto mengungkapkan, ujian ini serentak dilaksanakan di 16 kota, seperti Jakarta, Surabaya, Lampung, Medan, Pekanbaru, Bandung, Balikpapan, Denpasar, dan lain-lainnya. Sedangkan, materi tes dan segala persyaratan ujian mandiri S1 tahun 2017 ini di seluruh Indonesia sama.

"Dari Panlok Jatim terdapat 1127 peserta yang terbagi dalam program studi yang diujikan yakni 849 peserta Saintek dan 278 peserta Soshum," papar Herry Lisbianto.

Ia mengatakan, Ujian Mandiri yang dikerjakan bersama antara Undip dan IKA Undip ini sudah berjalan selama 11 tahun, tetapi pendaftar dari Provinsi Jawa Timur selalu mengalami peningkatan.

"Pendaftar UM Undip dari seluruh Indonesia sebanyak 26000. Sedangkan pendaftar​ dari Jatim 1127 dan ini mengalami kenaikan dari tahun 2016 lalu, yang hanya kisaran 400 pendaftar," urai Herry Lisbianto.

 
Ia mengungkapkan, persaingan dalam penerimaan jalur Ujian Mandiri ini sangat ketat, pasalnya dari total 26000 peserta hanya tersedia 1728 daya tampung yang terbagi dalam 49 prodi pada 11 fakultas.

"Jadi setelah mengikuti tes pada hari ini pengumuman akan dilakukan pada tanggal 18 Juli 2017 via web www.um.undip.ac.id dan sms," tandas Lisbianto

Ketua DPD IKA UNDIP Jatim, dr. Soekamto, Spog menambahkan Upaya ini dalam rangka memfasilitasi agar para calon mahasiswa baru dari wilayah Jawa Timur bisa mengikuti tes seleksi dengan biaya dan waktu lebih efisien tanpa harus ke Semarang.

"Jadi, Calon mahasiwa tak perlu ke Semarang, tapi bisa tes di sini. Tentu biaya transport, akomodasi selama di sana dan lain-lain, jelas harus dipikirkan. Dengan diadakannya tes di Surabaya para peserta daerah sekitarnya bisa langsung hadir di sini," ujar Soekamto.

Sebelumnya pelaksaan UM, tambahnya pihaknya gencar melakukan sosialisasi di berbagai media dan juga turun langsung ke sekolah-sekolah.

"Dalam pemberdayaan pengurus DPD Undip yang ada di daerah maka turut membantu dan memfasilitasi para lulusan SMK, SMK maupun MAN di Jawa Timur untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri berkualitas," kata Soekamto. (ito/ted)

Tag : undip

Komentar

?>