Sabtu, 19 Agustus 2017

Berikut Daftar Makanan Tak Layak Konsumsi yang Beredar di Jombang

Senin, 19 Juni 2017 20:45:17 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Berikut Daftar Makanan Tak Layak Konsumsi yang Beredar di Jombang

Jombang (beritajatim.com) - Tim gabungan menemukan sedikitnya 12 item makanan tak layak konsumsi yang beredar di Jombang. Tim gabungan terdiri dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jatim, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Satpol PP, serta Polres Jombang.

Temuan makanan tak layak konsumsi tersebut saat tim gabungan melakukan pemeriksaan di minimarket Afco yang ada di Jl Wahab Chasbullah, Jombang. Makanan itu dianggap membahayakan karena tidak mengantongi izin edar dari BPOM (Balai Pengawasan Obat dan Makanan), tanggal sudah kedaluarsa, tanpa label, serta terdapat kemasannya yang rusak.

Namun demikian, petugas hanya memberikan teguran kepada pemilik minimarket serta meminta agar makanan tersebut ditarik dari peredaran. "Makanan tersebut sangat berbahaya. Karena tidak ada izin edar dari BPOM. Ada juga makanan yang tidak menyertakan komposisi," ujar Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Perlindungan Konsumen, wilayah Bojonegoro, Disperindag Provinsi Jatim, Senin (19/6/2017).

Hamid menjelaskan, dalam tata kelola industri, sebelum makanan dijual bebas maka harus mendapatkan izin dari BPOM. Dengan begitu bisa diketahui apakah makanan tersebut layak untuk dikonsumsi manusia atau tidak. Nah, jika tidak melewati tahapan tersebut, secara otomatis makanan itu belum diketahui kadarnya.

"Sehingga makanan yang tidak memiliki izin BPOM belum dipastikan keamannya ketika dikonsumsi. Makanya, kami meminta kepada pemilik minimarket agar segera menarik makanan yang dijual bebas itu. Mulai dari bakso udang, stik kentang, sosis, crap stik, otak otak ikan, keju lembaran, serta dagung ayam beku," tegas Hamid. [suf/kun]

Berikut daftar makanan tak layak konsumsi temuan tim gabungan


1. Gula Pasir sebanyak 12 Kg, tanpa standart SNI
2. Crap stick sebanyak 5 pak, tanpa label
3. Mc Lewis Saut Tomat sebanyak 1 pak, kemasan rusak
4. Tortilia sebanyak 10 pak @20 pcs, tanpa izin edar
5. Keju lembaran sebanyak 10 pak @16 pcs, tanpa label
6. Otak otak ikan 500 gram sebanyak 24 pak, tanpa izin edar
7. Bakso udang koki nero 200 gram sebanyak 22 pak, tanpa izin edar
8. Bakso udang koki nero 500 gram sebanyak 6 pak, tanpa izin edar
9. Bakso udang joyfull 200 gram sebanyak 18 pak, tanpa izin edar
10.Bakso udang joyfull 500 gram sebanyak 10 pak, tanpa izin edar
11.Kentang stick sebanyak 10 pak, tanpa izin edar
12.Daging ayam beku 19 pak, tanpa izin edar

Tag : mamin jombang

Komentar

?>