Selasa, 26 September 2017

Honor Jasa Pelayanan RSD Balung Baru Diterima Karyawan Sebagian

Senin, 19 Juni 2017 15:01:59 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Honor Jasa Pelayanan RSD Balung Baru Diterima Karyawan Sebagian

Jember (beritajatim.com) - Karyawan Rumah Sakit Daerah Balung, Kabupaten Jember, baru menerima sebagian honor jasa pelayanan (japel). Manajemen rumah sakit menanggung utang Rp 646,120 juta.

Pelaksana Tugas Direktur RSD Balung Nur Cahyohadi membenarkan hal tersebut. "Bagaimana pun juga, kami dalam memberikan ini melihat kemampuan pendapatan. Kalau pendapatan kami tak memenuhi target, kami tak akan memberi japel sesuai yang direncanakan," katanya.

Menurut Cahyohadi, ada biaya operasional yang lebih diutamakan daripada memberikan jasa pelayanan.
"Anggaran yang kami peroleh dari pendapatan kami peruntukkan operasional terlebih dulu, dan saat pendapatan kami memenuhi target, kami sedikit demi sedikit memenuhi utang-utang pembayaran japel kami," katanya.

Cahyohadi tak berani menjamin utang japel akan bisa dilunasi segera. "Belum tentu sampai akhir tahun japel bisa kami lunasi. Bisa utang terus, karena kembali lagi pada kemampuan kami memperoleh pendapatan," katanya.

"Sama dengan belanja. Belum tentu belanja kami bisa sama dengan target pendapatan, mengingat apa yang kami belanjakan sesuai kemampuan pendapatan yang kami peroleh," tambah Cahyohadi.

Terhitung sejak Januari hingga Mei 2017, dari target pendapatan Rp 34,736 miliar, RSD Balung baru bisa memenuhi 17,79 persen atau Rp 6,178 miliar.
Persentase realisasi pendapatan terbesar diperoleh dari rawat jalan, yakni 25,78 persen. Namun nominal realisasi pendapatan terbesar adalah dari farmasi, yakni Rp 2,063 miliar.

Sementara itu, secara keseluruhan, serapan belanja di RSD Balung baru 12,97 persen dari Rp 69,252 miliar atau setara dengan Rp 8,98 miliar. [wir/ted]

Komentar

?>