Jum'at, 22 September 2017

Tangani Pasien Miskin SPM, Pemkab Jember Jajaki 3 RS Swasta

Sabtu, 17 Juni 2017 10:34:49 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Tangani Pasien Miskin SPM, Pemkab Jember Jajaki 3 RS Swasta
foto/ilustrasi

Jember (beritajatim.com) - Pemerintah Kabupaten Jember akan menjalin nota kesepahaman dengan tiga rumah sakit swasta untuk menangani pasien yang menggunakan fasilitas surat pernyataan miskin (SPM).

Tiga rumah sakit itu adalah Rumah Sakit Bina Sehat, Rumah Sakit Kaliwates PTPN XII, dan Rumah Sakit Citra Husada. "Kami lihat perizinannya, sarana dan prasarana, serta tenaga," kata Kepala Dinas Kesehatan Jember Siti Nurul Qomariah.

Pemkab Jember juga menjajaki kemungkinan untuk menggandeng Rumah Sakit Jember Klinik. "Tapi sepertinya tidak mau," kata Nurul.

Tiga rumah sakit tersebut masuk pertimbangan untuk digandeng, karena memiliki sarana rumah sakit level C. "Memang harapannya masyarakat bisa ditangani di (rumah sakit) kelas C dulu, baru Kelas B. RS Daerah dr. Soebandi memang kelas B regional. Tahapannya sudah advance. Semestinya pasien-pasien yang betul-betul khusus, tidak bisa ditangani di kelas C baru ditangani di RSD dr. Soebandi," kata Nurul.  

Pasien pengguna SPM adalah warga miskin yang tidak terdaftar dalam daftar PBID (Penerima Bantuan Iuran Daerah) dan penerima bantuan iuran (PBI) pemerintah pusat dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Anggaran jaminan kesehatan untuk mereka dialokasikan dalam APBD Jember setiap tahun. [wir/suf]

Komentar

?>