Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

BPJS Jamin Pemudik Lebaran dengan JKN-KIS

Kamis, 15 Juni 2017 13:02:58 WIB
Reporter : M. Ismail
BPJS Jamin Pemudik Lebaran dengan JKN-KIS

Sidoarjo (beritajatim.com) - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus tentang prosedur pelayanan.

Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan presedur yang lebih sederhana.

Oleh karenanya, peserta JKN-KIS yang akan mudik diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Kartu Kasehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS dan Kartu Jamkesmas).

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS kesehatan setempat," kata Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sidoarjo dr. Dwi Hesti Yuniarti Kamis (15/7/2017).‎

Hesti menjelaskan, untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD Rumah Sakit terdekat yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Dia menambahkan, penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni sampai dengan 2 Juli 2017. Bagi para peserta yang sakit dalam perjalanan mudik maupun telah sampai tujuan, tidak harus melapor ke kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. "Pelayanan ini hanya berlaku bagi peserta yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif," jelasnya.

Masih kata Hesti, untuk mengecek iuran peserta, dapat dlakukan melalui aplkasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilhat di website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui Care Center BPJS 1500400.

Selama libur Lebaran 2017, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi paserta, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), serta mengetahui perhitungan denda pelayanan Layanan.

"BPJS Kesehatan Care Center 1500400 hadir 7x24 jam, sementara  layanan konsultasi kasehatan dapat diperoleh pada Senin Jumat pukul 07.00-20.00 WIB," jelas Hesti. (isa/ted)

Tag : mudik lebaran

Komentar

?>