Kamis, 26 April 2018

Unitomo Surabaya

Bachrul Amiq Dilantik, Ini Progress 4 Tahun Selama Menjabat

Selasa, 06 Juni 2017 00:52:23 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Bachrul Amiq Dilantik, Ini Progress 4 Tahun Selama Menjabat

Surabaya (beritajatim.com) - Empat tahun kedepan Unitomo akan menjadi perguruan tinggi yang masuk predikat utama dan masuk top five university. Janji tersebut diutarakan rektor terpilih Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya periode kedua, 2017-2021, Bachrul Amiq usai dilantik oleh ketua Pembina Yayasan Pendidikan Cendekia Utama (YPCU) Prof Eddy Yunus.

"Keinginan empat tahun ke depan menjadikan Unitomo perguruan tinggi yang masuk predikat utama dan masuk top five university," kata Amiq usai pengukuhan di Auditorium Ki Moh Saleh, lantai 5 gedung F Unitomo, Senin (5/6/2017).

Pria asal Gresik ini mengungkapkan progres yang akan digenjotnya itu. Karena Univerisas yang beralamatkan di Jalan Semolowaru 84 ini sudah berada pada universitas kelas madya. "Sekarang Unitomo masuk peringkat 25 dari 329 perguruan tinggi swasta se Jatim. Tahun 2016, berada di peringkat 127. Sebelumnya, pada 2015 masuk peringkat 258, ini menjadi progres kami," ungkap Amiq.

Selain itu, Amiq juga akan membawa perguruan tinggi berjuluk kampus berkebangsaan dan kerakyatan ini masuk predikat utama karena dua dari 24 program pendidikan (Prodi) yang sudah mendapatkan akreditasi A. "Empat tahun ke depan, prodi Fikom, magister ilmu komunikasi, teknologi pangan dan lainnya akan mengikuti terakreditasi A," tambahnya.

Untuk mendongkrak hal-hal yang dipaparkan tersebut, dirinya juga akan meperbaiki tenaga kependidikan. Dirinya berharap pada akhir tahun ini bisa mendapat tambahan tiga profesor. Karena saat ini dalam struktur kepengajarannya sudah ada 247 dosen, 124 di antaranya harusnya doktor dan profesor.

"Capaian sekarang, baru ada 47 doktor. Kami berencana menambahkan 3 orang, menjadi 50 orang doktor. Sedangkan, dosen berpendidikan magister ada 191 dan ini terlalu banyak. Jabatan akademik harus didorong. Guru besar tersisa 4 dari yang ada 11 orang. Tujuh orang guru besar meninggal, empat guru besar yang belum," rinci Amiq.

Untuk lektor kepala ada 39, lektor 79, dan asisten dosen 59. Selain itu ada 60 dosen belum memiliki jabatan akademik. Tenaga kependidikan ini yang menjadi fokus perhatian. "Alhamdulillah, tahun ini Unitomo dipercaya menerima 10 mahasiswa bidikmisi dari pemerintah. Sebelunya cuma 2, 3 dan 5 orang mahasiswa. Dan tahun ini Kopertis 7 memberikan kuota beasiswa 25 orang mahasiswa," urainya.

Dalam progres panjang di periode yang akan dijalankannya, Amiq juga akan membangun gedung 9 lantai. Namun rencana ini merupakan progres yang lama, karena dirinya masih akan mengurus matinya masa berlaku Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB).

"Kalau ada dana kami berencana membangun  gedung berlantai 9, itu juga menunggu dasar penerbitan Surat Keterangan rencana Kota (SKRK). Karena SKRK sendiri menjadi acuan penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Kopertis 7 Prof Suprapto mengapresiasi proses pemilihan rektor Unitomo yang demokratis dan tanpa gejolak. "Kalau bisa pemilihan rektor di kampus negeri meniru di Unitomo yang diawali coblosan dan disusul rapat yayasan," tandasnya. [ito/suf]

Komentar

?>