Kamis, 23 Nopember 2017

Hari Ini, Pengambilan PIN/Token Pendaftaran Siswa SMA/SMK di Bojonegoro Dimulai

Senin, 05 Juni 2017 17:57:22 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Hari Ini, Pengambilan PIN/Token Pendaftaran Siswa SMA/SMK di Bojonegoro Dimulai

Bojonegoro (beritajatim.com) - Mulai hari ini calon siswa yang akan memasuki jenjang pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat bisa mengambil PIN atau token untuk mendaftar secara online.

Pengambilan PIN atau token itu bisa dilakukan di sekolah negeri terdekat dengan calon pendaftar.

"Mulai hari ini, 5 Juni sampai 22 Juni 2017 sudah bisa mengambil PIN atau token. Nanti daftarnya bisa di rumah secara online," ujar Kepala Seksi Pedidikan Menengah Atas, Menengah Kejuruan dan PK-LK, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Bojonegoro, Kusnadi, Senin (5/6/2017).

Ia menambahkan, setelah mendaftar secara online, pengumuman hasil pendaftaran akan dilakukan 7 Juli 2017 termasuk penutupan pendaftaran. Bagi yang diterima harus melakukan daftar ulang yang dilakukan pada 7-8 Juli 2017. Siswa yang sudah daftar ulang mulai masuk sekolah pada 17 Juli 2017.

"Sedangkan bagi pendaftar yang dilakukan dengan cara offline biasanya merupakan siswa yang menggunakan jalur bidik misi, siswa berprestasi, mitra warga dan inklusi," jelasnya.

Di Kabupaten Bojonegoro sendiri dibagi menjadi enam zonasi SMA Negeri. Setiap masing-masing wilayah ada sebanyak tiga sampai empat sekolah. Menurut Kusnadi, pembagian zonasi bagi sekolah SMA ini merupakan upaya untuk mendekatkan sekolah dengan siswa. Juga pemerataan bagi sekolah yang berada di wilayah pinggiran. "Pembagian zonasi ini hanya khusus SMA Negeri," jelasnya.

Setiap sekolah yang sudah menerapkan sistem zonasi dalam pendaftarannya, maka harus diutamakan dari siswa yang rumahnya terdekat dengan jarak sekolah. Namun, meskipun demikian, bagi siswa yang jauh dengan sekolah juga masih bisa melakukan pendaftaran diluar zona kewilayahannya.

"Lintas zona juga bisa, namun yang lebih diutamakan adalah siswa yang jaraknya terdekat dengan sekolah itu," katanya. [lus/ted]

Tag : sma/smk

Komentar

?>