Rabu, 18 Oktober 2017

Pengibaran Bendera 10 Negara Tandai Launching Taman ASEAN di Jombang

Jum'at, 02 Juni 2017 12:31:14 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Pengibaran Bendera 10 Negara Tandai Launching Taman ASEAN di Jombang

Jombang (beritajatim.com) - Pengibaran 10 bendera negara ASEAN dilakukan di tugu Ringin Contong Jombang, Jumat (2/6/2017). Acara itu sekaligus untuk menandai diluncurkannya Taman ASEAN di lokasi tersebut. Peluncuran secara simbolis dilakukan Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, yakni dengan menandatangani peresmian Taman ASEAN.

Kegiatan itu merupakan tindak lanjut setelah Kabupaten Jombang ditunjuk sebagai tuan rumah ASEAN Youth Interfaith Camp (AYIC) 2017 yang dilaksanakan pada 28-30 Oktober mendatang. "Meski pelaksanaannya Oktober, namun persiapannya sudah kita lakukan ," ujar Bupati Nyono.

Nyono berharap kegiatan yang bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan Pusat Studi ASEAN Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (PSA) Jombang ini bisa terlaksana dengan lancar. "Kegiatan yang mengambil tema “Islam Rahmatan Lil Alamin dan Harmony Diversity” ini merupakan yang pertama kali digelar di Indonesia," sambungnya.

Dengan adanya agenda bertaraf internasional itu, Nyono juga hendak mempromosikan potensi yang ada di Kabupaten Jombang. Baik potensi wisata, perekonomian maupun kekuatan toleransi antar umat beragama.

"Kita tahu tokoh bangsa dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) juga lahir dan ada di Jombang. Maka untuk memperkenalkan kekuatan toleransi yang digagas para tokoh dari Jombang itu sudah tepat untuk pemuda ASEAN,” ungkapnya.

Kasubdit Kerjasama Pembangunan Sosial Kementerian Luar Negeri, Isman Pasha yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, terpilihnya Jombang sebagai tuan rumah karena kekuatan toleransi antar umat beragama yang terbangun dengan baik.

Jombang, menurut Isman, memiliki sejarah panjang sebagai daerah yang menjunjung tinggi dan menghormati keberagaman, Jombang menjadi laboratorium sekaligus contoh yang sangat layak untuk diperlihatkan kepada masyarakat internasional sebagai pengejewantahan pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Itu salah satu alasan mengapa Jombang kita dapuk sebagai tuan rumah. Kegiatan AYIC juga termasuk rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ASEAN yang ke-50 tahun," tandasnya. [suf/but]

Tag : pesantren

Komentar

?>