Minggu, 22 Juli 2018

Belajar Toleransi, Mahasiswa Oklahoma Bagi Takjil di Unitomo

Selasa, 30 Mei 2017 20:02:53 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Belajar Toleransi, Mahasiswa Oklahoma Bagi Takjil di Unitomo

Surabaya (beritajatim.com) - Empat orang mahasiwa Universitas Oklahoma, Amerika Serikat, belajar memahami budaya toleransi beragama di Indonesia, dengan cara membuat dan membagikan takjil di Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, Selasa (30/5/2017) sore.

Mereka yang terdiri dari Emily, Jimmy, Sam, dan Rebecca itu. Mempraktikan langsung cara membuat takjil es garbis dab dawet dalam acara Cross Culture Understanding bertema "Tolerance in Ramadhan" yang di gelar oleh Hima Sastra Inggris Unitomo dengan tajuk "Ngabuburit bareng Bule".

Ketua Panitia Ngabuburit Bareng Bule Unitomo Ibnu Adbul Ghofar mengatakan acara ini dimaksudkan agar terciptanya toleransi beragama antar manusia, dan budaya Indonesia saat bulan Ramadhan.

"Pembagian takjil ini karena bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan. Selain itu, pembagian takjil gratis merupakan suatu tradisi yang mungkin hanya ditemui di Indonesia," ujar Ibnu.

Dalam kesempatan tersebut mereka secara sengaja tampil secara lebih islami, Emily dan Rebecca berbusana muslimah lengkap dengan hijab serta bergamis. Sedangkan, Jimmy dan Sam, mengenakan sarung, baju koko dan berpeci. Mereka terlihat nyaman dengan pakaian yang digunakan.

"Ini tadi saya belajar membuat es garbis atau es blewah dan juga es dawet, saya sangat suka dengan minuman es dawet, karena kenyal. Selain itu, di Amerika tidak ada minuman seperti itu," kata Emily.

Emily menambahkan, belajar budaya di Indonesia saat Ramadhan ini, dirinya beserta teman-temannya menghapus​kan stigma miring bahwa Amerika Serikat adalah negara anti Islam seperti yang diberitakan media dan terutama saat Presiden Donald Trump terpilih.

"Itu tidak benar, karena Islam di Indonesia sangat toleran, dan apalagi saat Ramadhan ini, masyarakatnya sanagat peduli karena saling membagikan takjil untuk dimakan saat berbuka," ungkapnya.

"Saya sangat bangga bisa menikmati Ramadhan di Indonesia, walaupun saya tidak berpuasa tapi harus menghormati orang yang berpuasa di sini. Saya juga sangat senang bisa membagikan takjil dan belajar budaya di Indonesia," tandas Emily. (ito/ted)

Tag : unitomo

Komentar

?>