Kamis, 22 Nopember 2018

201 Delegasi Mahasiswa Luar Negeri Bantu Pembangunan Rumah Warga Wonorejo

Senin, 29 Mei 2017 19:41:23 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
201 Delegasi Mahasiswa Luar Negeri Bantu Pembangunan Rumah Warga Wonorejo

Surabaya (beritajatim.com) - Sebanyak 201 peserta delegasi dari 18 negara yang sedang mengikuti Asia-Pacific Regional Conference on Service-Learning (APRCSL) di Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya lakukan pembangunan rumah di kawasan perkampungan padat penduduk di Wonorejo, Surabaya Senin (29/5/2017).

Metode pembelajaran SL ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan, sekaligus memberikan solusi konkrit atas permasalahan yang terjadi di masyarakat.

"Service Learning (SL) merupakan sebuah metode pembelajaran lapangan yang mulai banyak dipakai beberapa universitas di dunia untuk mengasah para mahasiswanya agar mampu menempatkan pemikiran, keterampilan dan hati untuk masyarakat luas," tutur Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UK Petra selaku ketua APRCSL Dr. Juliana Anggono, S.T

Ia mengatakan, kegiatan rutin 2 tahunan ini atas kesepakatan bersama universitas-universitas di Asia Pacific yang memiliki pemahaman yang sama dalam implementasi semangat dan nilai pengabdian masyarakat (service-learning/SL) dalam kurikulum pengajaran.

"Melalui tema Educating the Heart: Nurturing a Fruitful Life through Service-Learning, konferensi ini diharapkan menjadi wadah bertukar pikiran dan menggali pengalaman berharga dalam menerapkan semangat S-L secara pedagogis," katanya

Diketahui, ke-18 negara tersebut itu adalah Australia, China, Hongkong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Nigeria, Pakistan, Philipina, Singapore, Africa Selatan, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, United States of America (USA) dan United Kingdom (UK).

Selain itu, terdapat beragam kegiatan yang digelar selama 29-30 Mei 2017 dianteranya pre-conference workshop, pameran UMKM, aksi nyata SL di beberapa daerah di Surabaya, Presidential Meeting, pameran hasil kuliah SL, presentasi hingga city tour Surabaya. (ito/ted)

Tag : uk petra

Komentar

?>