Jum'at, 15 Desember 2017

Bupati As'at Istighasah di Tepi Ranu Klakah

Sabtu, 20 Mei 2017 21:46:47 WIB
Reporter : Harry Purwanto
Bupati As'at Istighasah di Tepi Ranu Klakah

Lumajang (beritajatim.com) - Aktivis lingkungan 'Laskar Hijau' melakukan ruwatan Ranu Klakah yang merupakan salah satu sumber mata air yang memasok kebutuhan masyarakat, Sabtu(20/5/2017). Acara itu dihadiri Bupati Lumajang As'at Malik dengan memimpin Istighasah di pinggir Ranu yang berada di kaki Gunung Lemongan.

Dalam sambutannya, As'at mengajak masyarakat sekitar Ranu Klakah peduli lingkungan dengan melakukan penanaman pohon. Hal ini dimaksudkan agar mata air yang berada di kawasan Ranu tetap hidup. "Ranu ini sudah banyak memberikan manfaat, masyarakat harus menjaga dan melestarikan," paparnya.

Menurut dia, air Ranu Klakah tidak akan pernah habis bila Hutan Gunung Lemongan terjaga. Karena ketersediaan air dan sumber mata air akan kembali tercukupi. "Jadi untuk pelestarian alam, jangan menunggu disuruh, tetapi dilakukan," terangnya.

Ketua Laskar Hijau, A'ak Abdullah Alkudus mengatakan, Ranu Klakah adalah sumber mata air yang paling dibutuhkan masyarakat. Sehingga, merawat meruwat ranu adalah kwajiban masyarakat. "Semoga setiap tahun, kegiatan seperti terus terselenggara dengan dukungan semua elemen masyarakat," pungkasnya. [har/suf]

Tag : lingkungan

Komentar

?>