Kamis, 18 Oktober 2018

Peringati Hari Kebangkitan Nasional

Civitas Akademika Unitomo Refleksi di Makam Bung Tomo

Sabtu, 20 Mei 2017 16:43:42 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Civitas Akademika Unitomo Refleksi di Makam Bung Tomo

Surabaya (Beritajatim.com) - Civitas akademika Unitomo menggelar malam refleksi memperingati hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) bertajuk “Bangun Jiwanya Bangun Raganya, dan Bangkit Negerinya”  di Kompleks Makam Dr Soetomo Bubutan Surabaya, Jumat  (19/5/2017) malam.

Acara rutin tahunan yang diprakarsai Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) ini sebagai wujud keprihatinan terhadap kondisi bangsa.

"Refleksi tahunan ini merupakan wujud keprihatinan kami sebagai pemuda yang takut akan keruntuhan rasa nasionalisme yang disebabkan oleh kondisi bangsa yang sangat tidak kondusif ini," ungkap Dedy Ketua BEM Unitomo.

Berkaca dari sejumlah kasus bangsa yang kurang mencerminkan kerukunan dan kekeluargaan yang akhir-akhir muncul, mereka mengekspresi kegelisahannya dengan melakukan​ teatrikal dan berpuisi di depan patung proklamator yang berada di monumen tuguh pahlawan Surabaya.

"Kesenjangan antara cita-cita para pendiri bangsa dan fenomena carut marut yang terjadi sekarang ini kami wujudkan dengan cara curhat kepada patung proklamator yang ada di Tugu Pahlawan Surabaya, agar pengguna jalan dapat menyaksikannya," terang mahasiswa FEB ini.

"Kami ingin masyarakat Surabaya tahu apa arti nasionalisme itu dan memahaminya secara utuh. Alasannya, selama ini definisi nasionalisme masih bersifat global," imbuhnya.

Sementara itu pada pagi harinya dan masih dalam satu rangkaian peringatan Harkitnas ke-109, di kampus Unitomo dilangsungkan Seminar Kebangsaan & Dialog Interaktif dengan narasumber Prof. Dr. Sam Abede Pareno (Guru besar Unitomo/ Budayawan Senior) dan Dr. Redi Panuju (Penulis Buku dr. Soetomo/akademisi).

Seminar kebangsaan di gelar dengan tema “Quovadis Nasionalisme Indonesia : Relevansi Pemikiran dr. Soetomo di Era Medsos” dan dihadiri 100 mahasiswa yang berasal dari seluruh elemen organisasi mahasiswa se-Surabaya.

Rektor Unitomo Bachrul Amiq mengatakan bahwa Harkitnas yang jatuh setiap tanggal 20 Mei merupakan hari peringatan istimewa. Pasalnya sebagai kampus kebangsaan dan kerakyatan sekaligus menyandang nama besar Dr. Soetomo tokoh pergerakan nasional yang juga pendiri Budi Utomo, dirinya berharap agar selalu mengembangakan dan mengimplementasikan konsep nasionalisme berbasis pendidikan kepada masyarakat bawah khususnya di Jawa Timur dan sekitarnya.

"Sudah ada di program kegiatan tahunan dan kami jadikan setiap Harkitnas menjadi hari rayanya Unitomo," pungkasnya. [ito/suf]

Komentar

?>