Minggu, 23 Juli 2017

Bupati Malang Imbau RSUD Kanjuruhan Tak Menolak Pasien Miskin

Jum'at, 19 Mei 2017 17:51:46 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Bupati Malang Imbau RSUD Kanjuruhan Tak Menolak Pasien Miskin
Rendra Kresna Bupati Malang

Malang (beritajatim.com) - Upaya memperbaiki layanan bagi masyarakat, disampaikan langsung Bupati Malang Rendra Kresna pada seluruh pegawai dan manajemen RSUD Kanjuruhan. Dalam acara HUT RSUD Kanjuruhan ke 50 tahun, Rendra menghimbau agar pihak rumah sakit, tidak lagi menolak pasien dalam kondisi apapun.

"RSUD Kanjuruhan harus terus memberikan pelayanan prima kepada publik, khususnya kepada masyarakat pengguna jasa pelayanan RSUD setempat. Pasien yang datang ke RSUD harus ditangani dengan baik, tak perlu mengurus administrasi terlebih dahulu. Yang penting pasien segera tertolong dan ditangani," tegas Rendra, Jumat (19/5/2017).

Kata dia, terkait masalah administrasi bagi pasien yang berobat ke RSUD Kanjuruhan, bisa diurus saat pasien sudah mendapat pelayanan. Apakah pasien memiliki BPJS atau tidak, hal yang paling penting adalah, tidak boleh terjadi pemulangan paksa terhadap pasien.

"Pasien  tidak mampu atau miskin, pasti akan dicover pemerintah. Jadi jangan takut atau khawatir akan dipulangkan dari RS jika tidak mampu membayar. Karena semua akan ditanggung pemerintah," paparnya.

Menurut Rendra, kedepan Pemkab meminta supaya RSUD Kanjuruhan tak hanya melayani pengobatan saja. Akan tetapi dapat menjadi tempat rujukan pasien yang ingin konsultasi masalah kesehatan."Di negara- negara lain seperti Singapura dan Malaysia, rumah sakit tak hanya menangani pasien untuk berobat saja. Akan tetapi menjadi tempat rujukan konsultasi kesehatan bagi masyarakat," bebernya.

Ia menambahkan, proyeksi fungsi RSUD Kanjuruhan nantinya, rumah sakit harus melayani masyarakat sebaik mungkin. Konsultasi masalah kesehatan, harus bisa memuaskan masyarakat.

"Dengan begitu masyarakat bisa menggunakan pelayanan rumah sakit untuk refreshing, kalau sakit ya harus dirawat. Kalau tidak sakit, diberi tahu. Dari sini pasien pulang dari rumah sakit menjadi segar bugar," ujar Rendra.

Pada peringatan HUT RSUD Kanjuruhan tersebut, Rendra juga menyerahkan bantuan berupa sembako pada masyarakat miskin. Pelayanan kesehatan yang mudah bagi masyarakat, menjadi poin penting dalam pemerintahan Rendra Kresna di periode kedua kepemimpinannya saat ini. (yog/kun)

Komentar

?>