Selasa, 25 Juli 2017

Gara-gara Ransomware Wannacry, ITS Buka Prodi Baru

Senin, 15 Mei 2017 21:41:45 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Gara-gara Ransomware Wannacry, ITS Buka Prodi Baru

Surabaya (beritajatim.com) - Membantu mengentaskan masalah virus ransomware Wannacry, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka program studi (prodi) baru yakni teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di tahun akademik 2017 ini.

Dibukanya prodi baru ini atas dukung program Kemitraan dan Mandiri (PKM), sehingga bertujuan untuk menciptakan SDM yang potensial terhadap perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi.

"Saat ini ramai masalah ransomware Wannacry. Dengan dibukannya prodi ini nantinya diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut. Selain itu, salah satu output yang ingin dilahirkan dari prodi ini asalah tenaga ahli di bidang keamanan cyber," kata Dekan FTIF ITS, Agus Zainal Arifin saat sosialisasi prodi di kampus setempat, Senin (15/5/2017).

Ia menambahkan, selain sebagai tenaga ahli di keamanan cyber, lulusan dari FTIF juga diharapkan mampu menguasai perihal keamanan aplikasi, sebagai integrator sistem dan tenaga ahli di layanan penyimpanan langit (cloud servuce).

"Dan juga menghadapi internet of things (IOT), seperti di Surabaya yang diaplikasikan dalam konsep smart city," tambahnya.

Ssementara itu, proses perijinan dibukanya prodi ini. Pihaknya menjelaskan telah menyelesaikan proses peribinan tahap internal. "Dimulai dari senat fakultas dan akademik dan rektorat. Kemudian, mengajukan surat permohonan BAN-PT. Setelah diajukan, kita menunggu dokumen izinnya turun," ujarnya.

"Saya berharap izin ini bisa diberikan segera. Sehingga prodi ini bisa langsung diresmikan ketika mulainya pendaftaran PKM Mandiri di bulan September nanti," imbuhnya.

Diketahui, Selain ITS, prodi TIK sudah ada di tujuh perguruan. seperti di Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Negeri Jember (Unej), Univeristas Udayana Denpasar, Bali, Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Telkom Bandung. (ito/kun)

Tag : its

Komentar

?>